Relationship

7 Cara Mengatasi Rasa Kangen Mantan, Salah Satunya Jalan-Jalan

Jangan galau terus! Berikut beberapa cara mengatasi rasa kangen mantan.

Rima Sekarani Imamun Nissa

Ilustrasi patah hati. (Unsplash/Kelly Sikkema)
Ilustrasi patah hati. (Unsplash/Kelly Sikkema)

Dewiku.com - Sebenarnya wajar jika sesekali kamu masih kangen mantan kekasih. Tentu tidak mudah langsung melupakan segalanya, apalagi jika kalian sudah menghabiskan waktu lama untuk menjalin hubungan asmara.

Walau demikian, hubungan yang sudah berakhir tidak perlu terus ditengok dan disesali. Jika terus-terus kangen mantan, kamu malah bisa berujung gagal move on.

Dilansir dari Times of India, berikut 7 cara mengatasi rasa kangen mantan.

1. Berbagi pikiran dan rasa sakit

Ilustrasi patah hati (freepik.com/freepik)
Ilustrasi patah hati (freepik.com/freepik)

Kamu bisa berbagi pikiran dan rasa sakitmu saat mengingat mantan, salah satunya ke teman dekatmu. Itu akan membantu Anda lebih tenang. Namun, pastikan kamu punya teman yang bisa dipercaya, bukannya malah muka dua.

2. Lakukan kegiatan produktif

Saat kangen mantan, salah satu cara yang paling efektif adalah mengalihkan waktu untuk kegiatan yang produktif, mulai dari bekerja, melakukan hobi, sampai membersihkan kamar dan rumah. Jangan hanya duduk diam dan merenung karena rasa kangen dan sakit itu akan terus menghinggapimu.

3. Menulis jurnal

Ketika rasa kangen benar-benar menghinggapi hati, tentu kamu bisa mengalihkan perasaan itu lewat tulisan jurnal.

Dengan menulis jurnal, kamu bisa menuangkan kenangan, pemikiran, serta rasa kangen tentang mantan di buku catatan. Tak hanya itu, teknik menulis jurnal dianggap ampuh sebagai terapi pengobatan diri.

4. Perbaiki diri

Ini bukan soal semata-mata demi membuat mantanmu menyesal. Kakukan semua ini demi diri sendiri, mulai dari berolahraga, jogging, yoga, menari, dan lain-lain.

Selain itu, kamu juga bisa mengubah penampilan, mulai dari mencoba outfit terbaru hingga makeup. Dengan melakukan ini, kamu akan kembali menemukan makna diri sendiri.

Hobi traveling. (Unsplash/Ibrahim Rifath)
Hobi traveling. (Unsplash/Ibrahim Rifath)

5. Traveling

Daripada cuma murung saat ingat mantan, lebih baik alihkan rasa kangen ini dengan melakukan traveling. Tentu ada manfaat tersendiri jika kamu melakukan traveling, salah satunya menjernihkan pikiran serta hati Anda.

Jika tak mau sendirian, ajak teman untuk traveling bersama, mulai dari ke tempat wisata atau melakukan camping.

6. Kumpul bareng teman

Mungkin ketika masih berpacaran, ada waktu di mana kamu jadi susah bertemu teman-temanmu. Jadi, sudah saatnya meluangkan waktu untuk bertemu temanmu, dan buatlah rencana untuk lakukan hang out. Karena dengan melakukan ini, tentu akan membantumu kembali bersosialisasi.

7. Lakukan pekerjaan relawan

Saat kangen sama mantan, kamu dapat mengalihkan semuanya dengan melakukan pekerjaan relawan, mulai dari relawan amal kemanusiaan hingga relawan acara alias panitia. Dengan begitu, kamu akan menemukan relasi yang bisa membawa manfaat dalam hidupmu.

Berita Terkait

Berita Terkini