Relationship

Ibu Hamil Ini Ngidam Aroma Sabun Disinfektan, Mengaku Ingin Coba Meminum

Ibu hamil tersebut sampai meminta saran tempat membeli sabun disinfektan dalam jumlah besar.

Amertiya Saraswati

Ilustrasi Sabun Disinfektan (Pexels/Anna Shvet)
Ilustrasi Sabun Disinfektan (Pexels/Anna Shvet)

Dewiku.com - Tak melulu makanan atau minuman, beberapa wanita kerap mengidam hal unik saat sedang hamil. Salah satu contoh adalah wanita yang mengaku terobsesi bau sabun disinfektan berikut ini.

Menyadur Daily Mail, seorang wanita asal Brisbane mengakui jika dirinya terobsesi bau sabun Dettol semenjak hamil anak kedua.

Wanita tersebut bahkan membagikan curhatannya di media sosial Facebook. Selain menyebut dirinya ngidam Dettol, wanita ini bertanya di mana ia bisa membeli botol ukuran besar.

"Botol kecil dari (supermarket) Woolworths habis dalam sehari saat ini," ungkapnya.

Meski saat ini ia hanya terobsesi dengan bau sabun disinfektan, ibu hamil tersebut menjelaskan bahwa ia ingin meminum sabun jika bisa.

Kondisi mengidam sabun yang dialami ibu hamil tersebut dinamakan PICA. PICA adalah gangguan makan ketika seseorang ingin mengonsumsi benda selain makanan.

Ilustrasi Ngidam Sabun Disinfektan (Unsplash/Kelly Sikkema)
Ilustrasi Ngidam Sabun Disinfektan (Unsplash/Kelly Sikkema)

Melihat curhatan ibu tersebut, tak sedikit warganet yang memberikan saran. Selain itu, ada pula yang mengaku ngidam hal serupa.

Bahkan, ibu hamil ini disarankan untuk membeli sabun Dettol batangan jika dirinya masih belum bisa menemukan botol ukuran besar.

"Aku tidak bercanda bahwa aku punya keinginan untuk meminumnya," tambah ibu hamil satu ini.

Untuk menahan diri agar tidak minum sabun disinfektan, ibu ini mengungkap bahwa ia beralih membersihkan rumah setiap hari.

"Aku mengepel setiap hari, jelas menggunakan lebih banyak sabun dari yang dibutuhkan demi baunya. Aku juga menggunakannya langsung ke benda-benda lain."

Ilustrasi Ibu Hamil. (Pixabay/Cparks)
Ilustrasi Ibu Hamil. (Pixabay/Cparks)

Selain ibu yang mengaku ngidam sabun disinfektan saat hamil tersebut, ada pula ibu yang mengungkap bahwa dirinya ngidam sabun pemutih.

Kemudian, ada pula warganet yang menyebut bahwa dirinya ngidam minum air mandi saat tengah hamil dulu.

Kondisi PICA sendiri terkadang disebabkan oleh kurangnya zat besi. Hal ini menyebabkan ibu hamil ngidam bau tertentu seperti sabun, bahkan ingin memakannya.

Untuk mengatasi kondisi tersebut, ibu hamil disarankan mengunjungi dokter. Biasanya, dokter akan memberikan vitamin, mengubah pola makan, atau melakukan transfusi darah.

Sementara, kondisi PICA nantinya akan hilang dengan sendirinya setelah ibu hamil melahirkan.

Berita Terkait

Berita Terkini