Jangan Diabaikan, Ketahui 4 Hal Ini saat Terjebak Hubungan Beracun

Berikut beberapa hal yang harus kamu ketahui saat terjebak hubungan beracun.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 11 September 2021 icon 10:30 WIB
Jangan Diabaikan, Ketahui 4 Hal Ini saat Terjebak Hubungan Beracun

Ilustrasi Pasangan (Pexels/Tan Danh)

Hubungan sehat lahir dari kejujuran, sikap saling mendukung, dan saling memberi energi positif satu sama lain. Tentu akan berbeda jika kamu terjebak dalam toxic relationship atau hubungan beracun yang bahkan dapat merusak mental dan hidupmu.

Ada dampak buruk yang dapat terjadi pada korban hubungan beracun, mulai dari insecure, kurang percaya diri, tak dihargai, dan direndahkan.

Walau demikian, ada beberapa hal yang perlu diingat oleh kamu yang terjebak hubungan beracun, dilansir dari Healthshots.

Baca Juga: 7 Tanda Hubungan Sehat, Mesranya Lebih Bermanfaat

Kamu tidak bisa mengubah orang lain

Saat terjebak dalam hubungan beracun dan berharap pasangan berubah, kecil kemungkinan itu terjadi. Pasalnya, kamu tidak bisa mengubah orang lain selain mereka sendiri. Kalau sudah lelah, biarkan mereka pergi. Bisa jadi dia memang tidak ditakdirkan untuk Anda.

Ilustrasi Hubungan Buruk. (pexels.com/Alex Green)
Ilustrasi Hubungan Beracun. (pexels.com/Alex Green)

Jangan menurunkan harga dirimu

Baca Juga: Biar Lebih Bahagia, Berikut 3 Cara Membangun Hubungan Sehat dengan Pasangan

Kadang kamu tidak sadar saat mempunyai pasangan beracun di mana kamu akan lebih banyak berusaha dibanding mereka. Kamu selalu menurunkan harga dirimu ketika bersama pasangan agar hubungan berjalan baik-baik saja. Padahal, ini bisa berdampak buruk untuk mentalmu. Lepaskan kalau memang tidak mau kerja sama.

Adanya ketidakseimbangan yang cenderung negatif

Ilustrasi Hubungan Asmara. (pexels.com/Alex Green)
Ilustrasi Hubungan . (pexels.com/Alex Green)

Sebagian besar dari kita yang mempunyai konsep cinta yang salah, cenderung mengambil kendali dalam suatu hubungan. Padahal, hubungan harus berjalan dua arah dan adanya keseimbangan dalam hubungan cenderung positif.

Kalau sebaliknya, bisa saja kamu terjebak di hubungan toksik. Salah satunya bisa menimbulkan rasa takut, paksaan, penghinaan, dan kebencian.

Pecelehan fisik dan emosional

Pasangan yang toksik bisa saja melecehkanmu secara fisik dan emosional. Tentunya, sikap mereka terpaksamu terima dibanding melawan karena kamu tak berani untuk lepas.

Dalam banyak kasus, ciri-ciri ini berasal dari orang yang punya sikap narsistik. Mereka bisa merendahkanmu dan merasa dirinya lebih baik.

Baca Juga: Berhasil Lepas dari Toxic Relationship? Kamu Bakal Merasakan 5 Hal Ini

Kalau sudah tidak kuat, lepaskan dia karena tidak pantas berpasangan denganmu. Bukankah hubungan asmara harusnya saling menerima? (*Aflaha Rizal Bahtiar)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI