Relationship

5 Ciri Pacar Gampang Cemburu, Bisa Jadi Sumber Bahaya

Apa saja tanda bahwa kamu punya pacar yang terlalu mudah cemburu?

Rima Sekarani Imamun Nissa

Ilustrasi Pasangan Bermasalah (Pexels/RODNAE Productions)
Ilustrasi Pasangan Bermasalah (Pexels/RODNAE Productions)

Dewiku.com - Punya pacar cemburuan mungkin bisa membuat seseorang merasa diperhatikan dan sangat dicintai. Walau begitu, sebaiknya tetap hati-hati. Pasalnya, pacar yang gampang cemburu bisa berubah dari romantis menjadi beracun sehingga menggiringmu pada hubungan toksik

Fakta ini telah diungkap lewat buku karya Tony Ibrahim berjudul "Book Of Toxic Relationship".

Ada baiknya kamu mengenali ciri-ciri pacar yang gampang cemburu. Lebih baik dipertahankan atau ditinggalkan saja, ya?

1. Selalu telepon terus

Saat rasa cemburu itu muncul, orang toksik akan cenderung telepon kamu terus-menerus. Bahkan tanpa diduga, dia akan mengikuti ke mana pun kamu pergi.

Ilustrasi pasangan cemburuan. (Shutterstock)
Ilustrasi pasangan cemburuan. (Shutterstock)

"Kami bisa saja menolaknya, tapi memang tidak mudah baginya untuk membuat Anda sendirian," ujar Tony lewat bukunya.

Cemburu adalah sumber bahaya

Dikatakan Tony, kecemburuan adalah faktor utama sumber bahaya. Bahkan, Tony menyebut semua toksisitas manusia berawal dari kecemburuan, yang diungkap oleh Psikolog Lillian Glass.

"Rasa frustasi orang beracun yang melihat Anda sebagai pemenang, memaksanya untuk menentang Anda secara mental dan verbal. Bahkan, kadang dengan kekerasan fisik," terang dia.

Kerap melampiaskannya dengan amarah

Orang yang cemburu disebut bisa melampiaskannya dengan cara marah serta frustasi. Hal ini dilakukan karena takut kehilangan orang yang paling dekat dengannya, tapi malah membuktikan diri lewat cara yang salah.

"Reaksi negatifnya membuat dia merasa lebih buruk tentang diri sendiri, serta melanggengkan keyakinan bahwa dia adalah pecundang," paparnya.

Ilustrasi pasangan bertengkar. (Shutterstock)
Ilustrasi pasangan bertengkar. (Shutterstock)

Berusaha menghancurkan

Orang yang cemburu berlebihan pada dasarnya akan berusaha untuk menghancurkan seseorang. Tak hanya itu, Tony mengungkapkan bahwa ciri-ciri orang cemburuan adalah punya tindakan lewat pernyataan yang sarkastis.

"Bahkan tanggapannya yang mengecilkan hati, atau pernyataan manis tentang kebahagiaan dan kesuksesan Anda," imbuhnya.

Cenderung posesif

Bagi kamu yang memiliki pacar cemburuan, sebenarnya hal tersebut wajar-wajar saja. Namun jika berlebihan, itu bisa jadi pertanda bahwa pasanganmu adalah orang yang posesif.

"Lantaran cemburu, orang yang beracun menjadi posesif. Dan sering mencaci secara verbal dan fisik kepada Anda," tegas Tony. (*Aflaha Rizal Bahtiar)

Berita Terkait

Berita Terkini