3 Fakta Menarik Patah Hati, Bukan Cuma soal Putus Cinta

Patah hati juga bisa terjadi pada mereka yang masih anak-anak.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 20 November 2021 icon 12:57 WIB
3 Fakta Menarik Patah Hati, Bukan Cuma soal Putus Cinta

Ilustrasi perempuan patah hati. (Shutterstock)

Hidup memang tak selamanya sesuai ekspektasi. Kadang, kekecewaan datang dalam berbagai bentuk dan cara, termasuk patah hati ketika berpisah dengan orang yang dicinta.

Patah hati lebih dari sekadar sakit hati. Dalam buku "Seni Menyembuhkan Sakit Hati" (2021) karya Claudia Sabrina, dikatakan bahwa patah hati ternyata lebih kompleks daripada yang orang kira selama ini.

Berikut tiga fakta menarik tentang patah hati yang belum banyak diketahui orang.

Baca Juga: Tetap Semangat! 4 Alasan Kamu Harus Jatuh Cinta Lagi setelah Patah Hati

Patah hati tak melulu putus cinta dengan kekasih

Ilustrasi patah hati. (Unsplash/Kelly Sikkema)
Ilustrasi patah hati. (Unsplash/Kelly Sikkema)

Patah hati disebut sebagai suatu metafora umum yang digunakan untuk menjelaskan sakit emosional serta penderitaan yang dirasakan seseorang. Seperti kehilangan seseorang, misalnya, mulai dari kematian, perceraian, putus hubungan, terpisah secara fisik, hingga penolakan cinta.

Patah hati biasanya dikaitkan dengan kehilangan anggota keluarga atau pasangan hidup. Walau kehilangan juga bisa terjadi pada kehilangan orangtua, anak, hewan peliharaan, dan teman.

Baca Juga: Putus Cinta, Wanita Ini Dapat Kado Tak Terduga dari Sahabat

Berdampak pada fisik

Patah hati disebut berdampak bagi fisik, salah satunya bagian dada, di mana ini bisa mengakibatkan sesak yang dialami oleh orang saat patah hati. Selain fisik, patah hati juga berdampak pada trauma emosional.

Walau patah hati biasanya tak memberi kerusakan fisik apapun pada jantung, ada sebuah kondisi bernama sindrom patah hati atau takotsubo kardiomiopati, yaitu saat sebuah insiden traumatic mendorong otak untuk menyalurkan zat-zat kimia ke jaringan jantung yang melemah.

Ilustrasi gadis. (Pexels/Pixabay)
Ilustrasi anak gadis. (Pexels/Pixabay)

Patah hati bisa terjadi pada anak

Patah hati juga bisa terjadi pada anak, misalnya karena orangtua berujung toksik yang membuat mental anak hancur. Banyak anak mempunyai orangtua yang menyebabkan banyak patah hati dengan berbagai bentuk pelecehan. Akibatnya, rasa sakit itu menancap di tubuh mereka, dan memunculkan kerusakan fisik dan emosional.

Baca Juga: Putus Cinta? Berikut 5 Tips Bikin Mantan Menyesal

Dalam hal ini, anak perlu menemukan perlindungan untuk mengelola patah hati dan kesepian karena penolakan, pelecehan, serta kehilangan. (*Aflaha Rizal Bahtiar)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI