Mending Dihindari, 8 Kebiasaan Buruk Ini Bikin Hubungan Asmara Kandas

Kadang masih jarang disadari, apa saja kebiasaan buruk yang bisa merusak hubungan asmara?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 02 Desember 2021 icon 22:42 WIB
Mending Dihindari, 8 Kebiasaan Buruk Ini Bikin Hubungan Asmara Kandas

Ilustrasi pasangan bertengkar karena masalah keuangan. (Shutterstock)

Banyak orang tentu berharap hubungan asmara yang dijalin bisa bertahan lama. Sayangnya, rasanya ada begitu banyak hal yang dapat membuat segalanya kandas di tengah jalan.

Sebagi langkah antisipasi, coba pahami apa yang hal dan kebiasaan yang bisa membuat hubungan cinta berakhir. Dilansir dari BrightSide via Suara.com, berikut uraiannya.

Membawa hal-hal di masa lalu saat bertengkar

Baca Juga: Pasangan Ini Bikin Konten Nakal di Makam, Banjir Kritik dan Hujatan Publik

Bertengkar adalah hal wajar dalam sebuah hubungan, bahkan bagi pasangan yang tampaknya sangat bahagia sekalipun. Saat terjadi pertengkaran, fokus saja untuk menyelesaikan masalah tersebut, bukannya malah berusaha menang dan melampiaskan segalanya kepada pasanganmu. Mengungkit masa lalu tidak ada gunanya sama sekali.

Ilustrasi Bertengkar (Pexels/Liza Summer)
Ilustrasi Bertengkar (Pexels/Liza Summer)

Memilih waktu yang salah untuk bicara serius

Jika ingin berbicara topik yang serius, seperti masalah uang, tujuan dari hubungan di masa depan dan lainnya, kamu perlu memperhatikan waktu yang tepat. Pastikan pasanganmu sedang tidak stres, capek atau kesal demi menghindari segalanya menjadi rumit. Kamu juga perlu memperhatikan nada bicaramu agar tak berujung memancing emosi.

Baca Juga: Harap Waspada, Ini 4 Zodiak Pria Paling Toksik dalam Hubungan Asmara

Membuat asumsi tentang perasaan pasangan

Setiap orang punya perspektif sendiri saat menghadapi berbagai hal dalam hidup. Jangan selalu merasa bahwa kamu mengetahui segala pikiran dan perbuatan orang yang penting bagimu. Itu akan membuatmu cenderung menutup diri, membuat konflik, dan merasa sendiri.

Ilustrasi Pasangan Bertengkar (Pexels/Kampus Production)
Ilustrasi Pasangan Bertengkar (Pexels/Kampus Production)

Mengkritisi anggota keluarga pasanganmu

Kamu mungkin punya perbedaan pendapat dengan keluarga pasanganmu yang bisa memicu kesalahpahaman atau konflik dengan keluarganya. Coba kendalikan dirimu. Menyalahkan dan mengkritik keluarga pasangan bukanlah hal yang seharusnya kamu lakukan, terlebih saat kalian bertengkar.

Menghindari diskusi soal uang

Mungkin ini adalah topik sensitif, tapi kamu perlu melakukannya untuk menghindari masalah di kemudian hari. Para ahli menyarankan untuk membuat aturan khusus mengenai batas pengeluaran yang nyaman untuk pasangan dan mendiskusikan segala hal soal finansial yang nantinya bisa memicu pertengkaran.

Pergi tanpa memberitahu pasanganmu

Meskipun telah berhubungan lama dengan pasanganmu, hal-hal sederhana seperti sering pergi beraktivitas tanpa mengabari si dia juga bisa jadi pemicu kandasnya hubungan asmara.

Ilustrasi pasangan bertengkar. (Shutterstock)
Ilustrasi pasangan bertengkar. (Shutterstock)

Berusaha memendam amarah

Menahan gejolak emosi bukanlah hal baik. Kebiasaan ini bisa membuatmu mengalami kecemasan, menyakiti pasanganmu, hingga munculnya keluhan sakit kepala. Hal seperti itu juga bisa membuat hubunganmu menjadi tidak sehat.

Bergosip tentang teman pasanganmu

Kritik bukanlah sesuatu yang buruk, asal dilakukan dengan cara yang benar. Pasanganmu mungkin akan menganggap bahwa kamu bukanlah seseorang yang dapat dipercaya jika kamu sering bergosip di hadapannya, apalagi soal teman-teman dekatnya.

Baca Juga: 4 Aturan Penting dalam Hubungan Asmara, Jangan Dipaksa kalau Tidak Cinta

Itulah beberapa kebiasaan buruk yang membuat membuat hubungan asmara kandas. Semoga informasi di atas bermanfaat!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI