Jangan Gampang Menyerah, Berikut 6 Cara Menghadapi Mertua Toksik

Galau karena sikap mertua? Coba terapkan beberapa cara menghadapi mertua toksik berikut ini.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 09 Maret 2022 icon 14:24 WIB
Jangan Gampang Menyerah, Berikut 6 Cara Menghadapi Mertua Toksik

Ilustrasi bertemu keluarga pasangan atau calon mertua. (Shutterstock)

Kendati bukan sesuatu yang layak dibanggakan, nyatanya tak sedikit orang yang mempunyai mertua toksik. Faktanya, banyak orang menghadapi kemarahan atau omelan mertua dalam kehidupan pernikahan mereka yang mana dapat memicu konflik besar.

Pertanyaannya, bagaimana cara menghadapi mertua toksik? Dirangkum dari Times of India, coba terapkan beberapa tips berikut.

Jangan bergosip dengan mereka

Baca Juga: Bisa Mengundang Prahara, 5 Hal Ini Sebaiknya Jangan Sampai Diketahui Ibu Mertua

Mertua toksik senang bergosip tentang orang lain, terutama saat ada hal buruk atau kontroversi di sekitarnya. Jangan dengarkan mereka. Tidak usah terlibat dalam percakapan yang menguras energimu.

Ilustrasi bertemu keluarga pasangan atau calon mertua. (Shutterstock)
Ilustrasi bertemu keluarga pasangan atau calon mertua. (Shutterstock)

Jangan berusaha terlalu keras untuk menyenangkan mertua

Tentu kamu harus menghormati dan menghargai mertua, tapi lakukan sewajarnya saja. Kalau berlebihan, mereka malah mencoba memanfaatkanmu. Hal-hal yang sebelumnya kamu lakukan dengan tulus, bisa berubah menjadi beban gara-gara kelakuan mertua.

Baca Juga: Biar Nggak Diomeli, Viral Trik Jajan saat Tinggal Serumah dengan Mertua

Percaya diri

Kamu harus mulai memprioritaskan diri sendiri. Pertama-tama, berhentilah meragukan diri sendiri. Jangan berpikir bahwa kamu terlalu sensitif atau bereaksi berlebihan saat mertua bersikap menjengkelkan, menuntut, atau tidak sopan.

Jangan mudah menyerah

Kamu mesti berkulit tebal dan kuat, setiap kali mertua mencoba untuk menjatuhkanmu. Ini mungkin sulit, tapi jangan mudah menyerah.

Ilustrasi menghadapi mertua galak. (Unsplash/Amadeo Muslimovi)
Ilustrasi menghadapi mertua galak. (Unsplash/Amadeo Muslimovi)

Belajar melupakan

Kalau kamu adalah orang yang tidak menyukai konflik, cara terbaik menghadapi mertua toksik adalah memaafkan dan melupakan. Namun, Anda juga perlu mencari solusi lain, misal mempertimbangkan untuk tinggal di rumah yang terpisah dengan mertua. Bahkan kalau bisa, pilih tempat tinggal yang jaraknya tak terlalu dekat guna mengurangi intensitas pertemuan dengan mertua.

Alihkan fokus Anda

Semakin sedikit kamu terlibat dengan mertua, semakin kecil kesempatan mereka untuk memegang kekuasaan atas dirimu. Kalau kamu mulai fokus pada hobi baru dan pekerjaan lain, kamu bisa menghabiskan lebih banyak waktu untuk ini daripada terus-menerus berada di sekitar energi negatif mertuamu.

Baca Juga: Bikin Sakit Hati, Curhat Wanita Berita Keguguran Diumbar Mertua di Facebook

Itulah beberapa tips dan cara menghadapi mertua toksik yang dapat coba diterapkan. Semangat!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI