Pasanganmu Pelaku Gaslighting? Simak 4 Cara Lepas dari Hubungan Asmara Tidak Sehat

Bagaimana caranya melepaskan diri dari hubungan asmara dengan pelaku gaslighting?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 04 November 2023 icon 16:47 WIB
Pasanganmu Pelaku Gaslighting? Simak 4 Cara Lepas dari Hubungan Asmara Tidak Sehat

Ilustrasi perempuan sedih karena jadi korban gaslighting. (Unsplash/Riccardo Mion)

Gaslighting merupakan salah satu bentuk kekerasan verbal yang sering terjadi dalam suatu hubungan relasi. Bukan hanya hubungan asmara, tetapi juga mungkin terjadi dalam keluarga maupun pertemanan.

Gaslighting biasanya dilakukan untuk memanipulasi kebenaran supaya si pelaku dapay mengendalikan situasi maupun mental korban.

Pelaku ingin korban korban merasa tidak percaya diri dan meragukan persepsinya sendiri. Dengan begitu, korban bakal menjadi lebih mudah dikendalikan. Tentu saja ini juga bisa memengaruhi kesehatan mental seseorang.

Baca Juga: 8 Tips Pertama Kali Bertemu Calon Mertua, Perhatikan Penampilanmu!

Bagaimana cara keluar dari hubungan dengan pelaku gaslighting? Dikutip dari Suara.com, Psikolog Yayasan Cintai Diri, Eunike Setiawati, berbagi sejumlah hal yang perlu diperhatikan.

Ilustrasi pasangan bertengkar. (Shutterstock)
Ilustrasi pasangan bertengkar. (Shutterstock)

Identifikasi Masalah

Menurut Eunike, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi masalah. Kamu bisa menganalisa berbagai aspek agar tahu dan paham siapa yang sebenarnya salah.

Baca Juga: Jaga Kesehatan Mental, Begini 5 Cara Menciptakan Worklife Balance

Beri Batasan

Sebisa mungkin buat batasan terkait sikap dan perilaku sejak awal. Misalnya, tentukan apa saja hal yang bisa diterima dan perkara apa yang tidak bisa diterima.

"Kita perlu menetapkan batasan. Ketika kita sudah punya batasan, beranikan diri untuk berkata tidak pada saat perilaku itu tidak bisa kita terima," terang Eunike.

Terhubung dengan Lingkungan dan Orang yang Positif

Jika ingin mengatasi masalah gaslighting, usahakan tetap terhubung dengan lingkungan dan orang-orang yang positif. Dengan begitu, kamu bisa menceritakan pengalaman dan fakta sebenarnya untuk mendapatkan dukungan mereka.

"Kalau kita memang bingung, apalagi saat dimanipulasi, kita perlu punya second opinion. Salah satunya terhubung dengan orang lain, yang bisa menjadi validator kita," kata Eunike menerangkan.

Jaga Individualitas Diri

Ini juga hal yang tidak kalah penting. Salah satu caranya adalah selalu berupaya meluangkan waktu untuk diri sendiri dan melakukan aktivitas yang positif.

Jangan gentar saat aktivitas tersebut tidak disukai pelaku gaslighting. Sebab, setidaknya itu bisa menyelamatkan dirimu sendiri.

Baca Juga: Waspadai 7 Gelagat Orang Ketiga, Ada yang Terang-terangan Banget

"Jadi, pertahankan keunikan diri kita sendiri," tandasnya.

BERITA TERKAIT