Agar Lebih Efektif, Ikuti Tips Makeup Kulit Berminyak Berikut Ini

Kulit berminyak sering membuat makeup susah menempel sempurna.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 26 Juli 2018 icon 16:15 WIB
Agar Lebih Efektif, Ikuti Tips Makeup Kulit Berminyak Berikut Ini

makeup/pinterest.com

Bagi kamu yang memiliki jenis kulit berminyak, tentu ada suka dan dukanya. Sukanya, kulit berminyak ternyata jauh dari penuaan dini karena kandungan minyaknya yang bisa meredam kerut-kerut halus tanda penuaan. Sedangkan dukanya, kulit berminyak sering membuat makeup susah menempel sempurna.

Namun, kamu si pemiliki kulit berminyak tidak perlu khawatir. Berikut Dewiku.com berikan tips makeup kulit berminyak yang bisa kamu contek.

1. Kompres wajah sebelum gunakan makeup

Baca Juga: Kreatif! Makeup Karya Mirjana Kika Milosevic Mengelabui Mata

Girls, pori-pori yang mengecil sanggup menahan kandungan minyak agar tidak meluber setelah dibubuhi makeup. Oleh karena itu, mengompres wajah dengan es batu sebelum menggunakan makeup sangat disarankan.

Caranya cukup mudah. Kompres wajah dengan es batu yang sudah dilapisi dengan handuk kecil selama sekitar 3-5 menit sebelum menggunakan base makeup.

Ilustrasi perawatan wajah menggunakan es batu / Pinterest
Ilustrasi perawatan wajah menggunakan es batu / Pinterest

2. Gunakan primer makeup

Baca Juga: DIY: Masker Buah Ini Bantu Usir Minyak dari Wajah Kamu

Agar makeup bisa menempel di kulit wajah secara sempurna, selalu aplikasikan primer sebelum menggunakan base makeup. Bagi kamu si pemilik kulit berminyak, utamakan T zone area, yaitu dahi, hidung, dan dagu. Pasalnya, area inilah yang sering memproduksi minyak berlebih pada wajah.

primer makeup/pinterest.com
primer makeup/pinterest.com

3. Jangan tinggalkan pelembap

Kamu mungkin sering malas mengoleskan berbagai krim pada permukaan wajahmu. Kamu akan merasa wajahmu sudah cukup berat dengan kandungan minyaknya yang berlebih.

Meski begitu sebaiknya tetap gunakan pelembap agar kandungan minyak dalam pori wajah lebih seimbang. Gunakan pelembap ringan yang water based sehingga aman bagi kulit berminyak.

ilustrasi water based skincare/pinterest.com
ilustrasi water based skincare/pinterest.com

4. Sebaiknya gunakan bedak tabur

Bedak yang cocok untuk kulit berminyak adalah bedak tabur karena mampu menyerap kelebihan minyak pada permukaan wajah. Kamu juga bisa mengaplikasikan translucent powder sebagai alternatif ketika touch up.

bedak tabur/pinterest.com
bedak tabur/pinterest.com

5. Kunci dengan setting spray

Baca Juga: 3 Pelembap Alami untuk Perawatan Kecantikan Wajah Kulit Berminyak

Setting spray adalah semprotan yang bisa menahan makeup kamu agar terkunci dan tidak cepat luntur. Untuk kulit berminyak, setting spray ini sangat dianjurkan karena akan membuat makeup aman dan bisa menempel seharian.

setting spray/pinterest.com
setting spray/pinterest.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI