5 Cara Ampuh agar Makeup Tahan Lama

Nggak perlu khawatir lagi makeup kamu akan luntur.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 15 Agustus 2018 icon 17:45 WIB
5 Cara Ampuh agar Makeup Tahan Lama

Ilustrasi wanita bermakeup. (Pexels)

Pasti akan membuat kita badmood banget kalau ternyata setelah berjam-jam makeup di depan cermin sebelum beraktivitas luntur begitu saja. Entah itu bedak, maskara, atau bahkan eyeliner yang berantakan. Eits, tenang dulu ada cara ampuh agar makeup tahan lama, lho.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan makeup gampang luntur, yaitu paparan sinar matahari dan keringat pada wajah. Namun jangan khawatir lagi ya. Di bawah ini ada 5 cara agar makeup kamu tahan lama. Check this out!

1. Memakai sunscreen

Baca Juga: 5 Rekomendasi Cushion High End

Apply sunscreen. (Pinterest)
Apply sunscreen. (Pinterest)

Jangan sampai lupa untuk memakai sunscreen sebelum mengaplikasikan makeup. Nah, disarankan juga jangan langsung melakukan step makeup setelah memakai sunscreen. Tunggu dulu sampai meresap ke dalam kulit sehingga makeup dapat menempel dengan sempurna.

2. Memakai primer sebagai base makeup

Ilustrasi primer. (Pinterest)
Ilustrasi primer. (Pinterest)

Primer adalah poin penting agar makeup tetap on point. Primer bisa menutup pori-pori sehingga kadar minyak di dalam wajah akan terkontrol dan mencegah warna foundation menggelap karena pengaruh suhu dan udara. Jadi, foundation akan menempel di wajah dan tahan lebih lama.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Highlighter Terbaru dari Brand Kosmetik Lokal

3. Pilih foundation matte

Foundation/pinterest.com
Ilustrasi foundation. (Pinterest)

Jangan lupa untuk memilih foundation jenis matte yang berfungsi untuk menahan minyak di wajah. Foundation matte juga nggak mudah luntur karena teksturnya yang kering. So, wajah akan terhindar dari makeup luntur walaupun panas dan hujan badai terjadi.

4. Gunakan eyeliner dan maskara waterproof

Ilustrasi penggunaan maskara / pixabay.com
Ilustrasi penggunaan maskara. (Pixabay)

Biasanya eyeliner dan maskara ini akan cepat kering saat diaplikasikan dan nggak mudah luntur. Kita akan tenang sepanjang hari eyeliner dan maskara nggak akan luntur karena mata berair ataupun keringat.

5. Jangan lupa set dengan setting spray

Baca Juga: 5 Rekomendasi Cream Blush Drug Store

setting spray/pinterest.com
Ilustrasi setting spray. (Pinterest)

Cara ampuh agar makeup tahan lama yang terakhir adalah jangan sampai lupa kita perlu set makeup dengan setting spray. Setting spray akan membantu mengunci keseluruhan makeup yang kita pakai. Diamkan dahulu beberapa menit agar meresap. Makeup kita dijamin akan lebih tahan lama.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI