Nggak Cuma Sehat, Olahraga Juga Bermanfaat untuk Kecantikan Kulit

Olahraga jangan cuma sebatas niat, biar kulit enak dilihat.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 07 September 2018 icon 19:00 WIB
Nggak Cuma Sehat, Olahraga Juga Bermanfaat untuk Kecantikan Kulit

kulit/pexels.com

Rahasia kulit yang sehat dan awet muda ternyata nggak cuma didapat dari rangkain skincare. Olahraga juga memiliki peranan penting.

Ada sebuah studi yang membuktikan bahwa seseorang yang rutin berolahraga tiap minggunya memiliki kulit yang lebih muda dibandingkan seseorang yang jarang berolahraga.

Hal itu dikarenakan berolahraga dapat meningkatkan kadar IL-15, sebuah substansi yang berfungsi memperbaiki jaringan kulit.

Baca Juga: Tidur Pakai AC Nggak Bagus untuk Kulit, Ini Kata Dermatologi

Ilustrasi olahraga push up. (Unsplash)
Ilustrasi olahraga push up. (Unsplash)

Saat berolahraga, aliran darah dalam tubuh dan kulit pun menjadi lebih cepat. Hal itu berbanding lurus dengan penyebaran oksigen dalam tubuh.

Selain membawa oksigen, olahraga teratur juga membawa nutrisi yang akan digunakan untuk menghasilkan kolagen demi memerangi efek buruk sinar UV dan radikal bebas akibat pencemaran lingkungan.

Seiring semakin meningkatnya aliran darah, asupan nutrisi untuk kulit juga akan meningkat dan zat sisa metabolisme bisa dikeluarkan dari tubuh.

Baca Juga: Tetap Bugar meski Sibuk? Simak Gaya Hidup Siwon Super Junior

Kulit Tangan/pexels.com
Kulit Tangan. (Pexels)

Nggak heran jika beberapa ahli menganggap olahraga sebagai proses pembersihan tubuh dari dalam. Itulah yang membuat tampilan kulit akan lebih sehat dan berkilau.

Rutinitas olahraga juga bisa mendukung produksi hormon pertumbuhan yang bermanfaat mendukung regenerasi sel. Hormon pertumbuhan ini mampu merangsang sel fibroblast kulit untuk memproduksi kolagen.

Semakin banyak kolagen yang dihasilkan tubuh, semakin baik pula elastisitas dan kelembapan kulit.

Olahraga sendiri dikenal sebagai salah satu obat stres yang paling ampuh karena membantu meminimalkan produksi hormon stres pada tubuh.

Hal ini berdampak baik untuk kulit karena hormon stres biasanya menyebabkan pembuluh darah mengecil dan mengganggu proses perbaikan. Otomatis, hal itu menghambat peremajaan kulit juga.

Baca Juga: Nggak Cuma Melatih Fokus, Ini Manfaat Olahraga Panahan Buat Cewek

Nah, sudah tahu kan manfaat olahraga untuk kecantikan kulit? Mulai sekarang, nggak ada alasan untuk malas berolahraga lagi, ya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI