Girls, Perhatikan Hal Ini sebelum Gunakan Minyak Zaitun

Jangan panaskan minyak zaitun di atas suhu 320 derajat!

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 08 September 2018 icon 17:30 WIB
Girls, Perhatikan Hal Ini sebelum Gunakan Minyak Zaitun

Ilustrasi minyak zaitun. (Pexels)

Minyak zaitun atau olive oil pasti terdengar akrab di telinga kalian, terutama bagi sebagian orang yang mulai getol melakukan gaya hidup sehat. Minyak zaitun banyak ditemukan di mana - mana, mulai dari makanan sebagai dressing salad hingga menjadi bahan perawatan kecantikan.

Setiap butuh apapun yang berbau minyak dan sehat, selalu minyak zaitun yang disebut. Namun benarkah manfaat minyak zaitun sehebat itu? Simak hasil penelusuran DewiKu di bawah ini.

Entah siapa yang memulai kampanye hidup sehat dengan minyak zaitun, yang jelas gerakan tersebut terbukti berhasil. Kamu akan semakin merasa mantap melihat antusiasme ibu-ibu muda yang memborong botol-botol kemasan minyak zaitun yang terlihat eksklusif dengan banderol kata 'murni'.

Baca Juga: Tetap Bugar meski Sibuk? Simak Gaya Hidup Siwon Super Junior

Memang, manfaat minyak zaitun sudah terkenal sejak lama, tapi bukan berarti kamu bebas menggunakannya sebagai pengganti minyak goreng. Ada aturan penting yang harus kamu pahami sebelum menggunakan minyak zaitun.

Kita tidak boleh memanaskan minyak zaitun ekstra murni hingga di atas suhu 320 derajat. Hal itu justru membuat kandungan gizi terbaik dari minyak zaitun hancur, seperti asam lemak omega-3.

Ilustrasi minyak zaitun/pexels.com
Ilustrasi minyak zaitun. (Pexels)

Lalu apakah minyak zaitun tidak sehebat yang disebutkan?

Baca Juga: Mitos Gaya Hidup Sehat yang Perlu Kamu Tahu

Nggak juga, Girls. Seperti yang sudah DewiKu sebutkan tadi di atas, minyak zaitun sangat kaya manfaat, hanya saja harus digunakan sesuai aturan. Kamu juga perlu tahu seluk beluknya sebelum memutuskan gaya hidup sehat dengan minyak ini.

Minyak zaitun memiliki kandungan zat gizi yang sangat penting, seperti lemak yang baik bagi tubuh, yaitu omega 9, omega 6, omega 3, dan lemak jenuh. Selain lemak, minyak zaitun juga kaya kandungan vitamin E, vitamin K, phenolic, dan zat besi.

Dari kandungan di atas, nggak heran jika banyak orang yang ingin memanfaatkan minyak zaitun sebagai media hidup sehat. Adapun khasiat yang paling populer dari minyak ini adalah mengurangi risiko kanker payudara, kanker kulit dan berbagai gejala penyakin lainnya seperti, mengurangi risiko diabetes tipe II dan penyakit Alzheimer.

Minyak zaitun juga ampuh untuk ketebalan tulang sehingga dapat digunakan untuk mencegah osteoporosis. Kamu juga akan bernafas lega karena minyak ini bisa menjauhkan kamu dari gangguan depresi.

Selain itu, bagi yang penasaran dengan khasiat minyak zaitun bagi penyakit jantung, ternyata itu juga bukan omong kosong belaka. Kandungan lemak omega 9, 6 dan 3 dalam minyak zaitun akan memperbaiki fungsi endotel pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lebih lancar.

Hal ini sangat berperan penting sebagai pencegahan stroke dan membantu mengendalikan kadar kolesterol LDL yang terkenal jahat dalam tubuh, serta meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL sehingga baik untuk mencegah penyakit jantung.

Ilustrasi jahe dan minyak zaitun / Pixabay.com
Ilustrasi minyak zaitun . (Pixabay)

Cara menggunakan minyak zaitun

Untuk mendapatkan semua kebaikan minyak zaitun, kamu harus paham bagaimana mengkonsumsi minyak ini dengan baik. Misal, jika kamu ingin menggunakannya pada masakan, sebaiknya gunakan sebagai dressing salad. Itu jauh lebih sehat ketimbang kamu menggunakannya sebagai olesan pada bahan makanan yang sedang di panggang karena malah membuat makanan terasa seperti gas.

Kalau mau memasak makanan sehat, sebaiknya gunakan minyak dengan titik bakar yang lebih tinggi, seperti minyak sayur atau minyak biji anggur sebagai olesan. Setelah makanan masak, barulah kamu tuangkan sedikit minyak zaitun extra murni agar masakanmu jauh lebih sehat dan enak.

Bagi kamu yang tertarik menggunakan minyak zaitun untuk perawatan kecantikan, nggak ada salahnya mencari tahu informasi seputar kondisi kulitmu dulu. Apakah jenis kulitmu cocok jika dirawat dengan kandungan sangat oily seperti minyak zaitun?

Sekedar informasi, minyak zaitun bersifat comedogenic atau menyumbat pori-pori. Itulah kenapa minyak zaitun tidak disarankan untuk pemilik kulit berminyak.

Jika kamu masih tertarik menggunakan minyak pada wajah, sebaiknya pilih minyak bunga matahari atau atau minyak argan yang sifatnya tidak menyumbat pori-pori.

Gimana, Girls? Sekarang sudah jelas bagaimana seharusnya kamu mengolah dan menggunakan minyak zaitun agar hasilnya lebih maksimal, kan?

Baca Juga: Punya Gaya Hidup Vegetarian? Coba Pengganti Protein Hewani Ini

Jika kamu sudah paham seluk beluknya, maka program hidup sehat dengan minyak zaitun yang akan kamu lakukan bisa menjadi lebih manjur. 

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI