Terungkap, Ini 5 Rahasia Kecantikan Wanita Jepang

Wanita Jepang punya cara yang unik untuk menjaga kecantikannya!

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 04 Oktober 2018 icon 08:00 WIB
Terungkap, Ini 5 Rahasia Kecantikan Wanita Jepang

Ilustrasi masker beras, rahasia kecantikan wanita Jepang. (Pexels)

Wanita Jepang sejak dulu terkenal memiliki kulit putih dan cantik. Banyak orang penasaran, apa kira-kira rahasia kecantikan wanita Jepang? Rupanya, ada 3 fakta unik yang terkait dengan hal itu.

Penasaran? Simak rahasianya di bawah ini.

Teh Hijau

Baca Juga: Rahasia Kecantikan 5 Artis Bollywood Ini Gampang Dicontek

Jauh sebelum orang-orang heboh memanfaatkan teh hijau sebagai bahan perawatan kulit, orang Jepang sudah menggunakannya terlebih dahulu. Salah satu kandungan dalam teh hijau yang paling dicari adalah tingginya antioksidan.

Selain kecantikan, teh hijau juga baik untuk kesehatan. Riset telah membuktikan jika teh hijau dapat menurunkan resiko kanker dan memperbaiki kerusakan kulit. Penelitian juga mengungkapkan teh hijau ampuh untuk membasmi jerawat.

Ilustrasi teh hijau. (Pexels)
Ilustrasi teh hijau. (Pexels)

Rumput laut

Baca Juga: Anti Mainstream, Rahasia Kecantikan Cewek Ini Bikin Orang Mual

Orang Jepang terkenal dengan makanan yang tidak dimasak terlebih dahulu. Mereka beranggapan jika kandungan nutrisi makanan mentah lebih baik daripada makanan yang dimasak.

Banyak yang berpendapat jika makanan mentah itu memiliki dampak yang baik bagi kecantikan. Namun anggapan ini masih menjadi kontroversi.

Terlepas dari kontroversi makanan mentah, rupanya Jepang punya satu rahasia kecantikan yang benar-benar terbukti baik untuk kulit, yaitu rumput laut.

Jepang memiliki jenis rumput laut yang diberi nama Wakame. Nah, Wakame ini kaya akan antioksidan, protein, kalsium, zat besi, kalium, dan folat. Wakame juga mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K, dan vitamin B2.

Satu lagi, Wakame bisa menghambat enzim Hyaluronidase agar tak menyerang pasokan asam hyaluronic dalam tubuh. Asam hyaluronic adalah zat yang bertanggung jawab untuk elastisitas dan kehalusan kulit.

Jadi nggak heran dong, kenapa wajah wanita Jepang terlihat awet muda dan sehat?

Ilustrasi rumput laut Wakame. (Pixabay)
Ilustrasi rumput laut Wakame. (Pixabay)

Onsen

Mungkin kalian pernah dengar tentang pemandian air hangat di Jepang. Yup, itu namanya Onsen! Selain merujuk pada tempat mandi, Onsen juga bisa diartikan sebagai kegiatan mandi air hangat bersama. Kegiatan mandi air hangat ini sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Jepang.

Kenapa Onsen baik untuk perawatan kecantikan?

Mandi air hangat bermanfaat untuk mengendorkan otot-otot yang tegang. Kandungan mineral dalam Onsen juga 
sangat baik bagi kesehatan kulit.

Garam yang terdapat dalam onsen mengandung sodium bikarbonat. Manfaatnya adalah membuat kulit menjadi lebih halus dan lembut.

Ilustrasi Onsen. (Pixabay)
Ilustrasi Onsen. (Pixabay)

Beras

Wanita Jepang memiliki tradisi unik dalam mempertahankan kecantikan kulit mereka, yaitu memanfaatkan air cucian beras untuk mandi. Mereka juga menggunakan air cucian beras untuk merawat wajah.

Air beras memang diketahui mengandung antioksidan dan emolien alami yang mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar ultraviolet.

Wanita Jepang juga kerap menggunakan masker yang terbuat dari tepung beras sebagai perawatan wajah. Belakangan, sebuah brand produk kecantikan ternama memanfaatkan kandungan beras sebagai bahan utama pembuatan skincare.

Hasilnya sangat memuaskan dan brand tersebut jadi mendunia karena keampuhan produknya.

Tepung beras / Unsplash.com
Ilustrasi tepung beras. (Unsplash)

Minyak bunga camelia

Orang Jepang jarang menghabiskan uang mereka untuk membeli serum atau lotion mahal yang digunakan pada wajah. Alih-alih menggunakan banyak skincare, wanita Jepang memilih untuk merawat wajah dengan cara sederhana, yaitu pembersihan yang mendalam.

Pertama, mereka selalu membersihkan kulit setiap pagi dan malam hari meskipun sedang tidak menggunakan makeup. Kedua, mereka akan memulai rutinitasnya dengan menggunakan toner kemudian membersihkan dengan minyak bunga camelia dan memberikan pelembap pada wajah.

Bunga camelia dipilih karena berkhasiat untuk mencegah penuaan dini dan mengembalikan kelembapan kulit.

Baca Juga: Rahasia Kecantikan Aneh Hailey Baldwin, Pakai Moisturizer Darah

Ilustrasi bunga camelia. (Pixabay)
Ilustrasi bunga camelia. (Pixabay)

Itulah beberapa rahasia kecantikan wanita Jepang. Apakah kamu tertarik untuk menconteknya?

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI