Maskara Tidak Dihapus ketika Tidur? Ini Bahayanya

Jangan anggap sepele karena maskara bisa bikin sakit mata.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 11 Oktober 2018 icon 15:15 WIB
Maskara Tidak Dihapus ketika Tidur? Ini Bahayanya

Pakai maskara. (Unsplash/Annie Spratt)

Maskara memang menjadi salah satu makeup item yang wajib bagi wanita. Meski demikian, bukan berarti kamu bisa mengenakan selama 24 jam. Kamu tidak boleh meremehkan bahaya maskara jika tidak dihapus ketika tidur.

Maskara membantu penampilan mata tampak lebih lentik dan cantik. Namun ternyata jika tidak dihapus, formula maskara akan menempel dan menjadi media yang menampung bakteri dengan efektif. Alhasil, area kulit kelopak mata akan mudah gatal dan kering.

Efek jangka panjangnya adalah setelah itu muncul jamur keputihan yang membuat kulit kelopak mata kering dan muncul benjolan. Maka dari itu, kamu wajib membersihkan maskara sebelum tidur.

Pakai maskara. (Unsplash/Annie Spratt)
Pakai maskara. (Unsplash/Annie Spratt)

Membersihkannya pun harus benar-benar maksimal. Jika tidak, sisa maskara bisa masuk ke dalam mata, kemudian menyebabkan infeksi dan peradangan.

Untuk itu, pastikan kamu memilih makeup remover terbaik dengan formula yang pas untuk kulit. Hindari makeup remover yang terlalu banyak kandungan alkoholnya. Alkohol bisa menyebabkan kulit di sekitar mata menjadi kering sehingga mudah iritasi.

Pakai maskara. (Unsplash/Luca Iaoncelli)
Pakai maskara. (Unsplash/Luca Iaoncelli)

Selain itu, membersihkan maskara juga harus lembut dan tidak boleh kasar. Cukup tekan sedikit kapas sehingga dapat mengangkat semua sisa makeup dengan efektif.

Itulah sedikit penjelasan tentang bahaya maskara yang tidak dihapus ketika tidur dan tips membersihkannya. Semoga bermanfaat, Gilrs!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI