Beauty

Hyaluronic Acid dan Manfaat di Baliknya

Mulai sekarang pilih produk yang mengandung hyaluronic acid.

Tinwarotul Fatonah | Yasinta Rahmawati

Ilustrasi pelembap. (Unsplash/Humphrey Muleba)
Ilustrasi pelembap. (Unsplash/Humphrey Muleba)

Dewiku.com - Kalau kamu seorang skincare junkie, pasti tidak asing dengan kandungan bernama hyaluronic acid. Mulai dari serum hingga krim malam, hyaluronic acid kerap ditemui sebagai salah satu bahan utamanya.

Hyaluronic acid sendiri sebenarnya adalah sebuah zat yang diproduksi tubuh secara alami. Ia dikenal juga sebagai hyaluronan dan banyak ditemukan di bagian sendi dan cairan di mata.

Hyaluronic acid bertindak sebagai agen pelumas di tubuh, selain itu juga dapat menahan air di kulit.

Banyak produk skincare dan anti penuaan yang mengandalkan hyaluronic acid. Lalu sebenarnya manfaat apa saja sih yang kita dapat jika rutin memakai hyaluronic acid?

1. Menjaga kulit terhidrasi

Kehilangan kelembapan merupakan faktor kunci yang menyebabkan penuaan kulit. Ketika sel dan jaringan kehilangan kelembapan, mereka menjadi kering dan cenderung melorot. Asam hyaluronic membantu mencegah kehilangan air dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Mengaplikasikan hyaluronic acid dapat membuat kulit tampak terhidrasi dan dewy. Hal ini disebabkan kemampuannya untuk mempertahankan molekul air di kulit.

Ilustrasi wajah glowing. (Unsplash/Jacob Postuma)
Ilustrasi wajah glowing. (Unsplash/Jacob Postuma)

2. Menurunkan tampilan keriput

Sebuah studi 2014 yang diterbitkan dalam Journal of Cosmetic Dermatology menyimpulkan bahwa produk yang mengandung hyaluronic acid mengurangi munculnya kerutan dan mengurangi kekenduran kulit.

3. Meningkatkan elastisitas kulit

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology mengeksplorasi keampuhan nano-hyaluronic acid dalam menjaga elastisitas kulit dan tingkat hidrasi kulit. Ditemukan bahwa nano-hyaluronic acid dapat meningkatkan hidrasi kulit sebesar 96% dan kekencangan serta elastisitas kulit sebesar 55%.

Meski tidak ada aturan pasti untuk memakainya dalam rutinitas skincare. Tapi biar hasilnya optimal, oleskan produk yang mengandung hyaluronic acid tepat setelah selesai mandi. Kulit lembap bakal menyerap manfaat produk lebih baik. Selamat mencoba!

Berita Terkait

Berita Terkini