Beauty

Mitos Komedo Ini Tidak Perlu Kamu Percaya Lagi

Nomor 1 paling banyak dipercaya.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yasinta Rahmawati

Ilustrasi wajah berkomedo. (Shutterstock)
Ilustrasi wajah berkomedo. (Shutterstock)

Dewiku.com - Meski tidak semenjengkelkan jerawat, komedo tetaplah dirasa mengganggu. Bintik-bintik hitam dan putih itu rajin berkemah di atas hidung, pipi, dagu dan area lainnya.

Tak heran para perempuan berjuang untuk menyingkirkan komedo ini dan muncullah berbagai hal tentang komedo yang belum tentu kebenarannya. Biar tidak salah perawatan, kenali dulu yuk, mitos-mitos keliru tentang komedo berikut ini.

1. Komedo boleh dipencet

Rupanya mitos populer ini tidak baik, sebab memencet komedo hanya akan membuat pori-pori membesar mirip kulit jeruk. Sebaiknya, hilangkan komedo menggunakan pembersih wajah dengan scrub atau pore pack.

Ilustrasi memencet komedo. (Shutterstock)
Ilustrasi memencet komedo. (Shutterstock)


2. Sering cuci muka bisa cegah komedo

Mencuci muka memang baik untuk menjaga kebersihan kulit wajah. Hanya saja, bukan berarti mencuci muka sesering mungkin membuatmu pasti terbebas dari serangan komedo. Bukannya terbebas dari komedo, kulit wajahmu malah jadi kering dan mudah keriput.

3. Komedo bisa disingkirkan dan tidak muncul lagi

Ini benar-benar salah. Hilang atau munculnya komedo bergantung pada kondisi kulit yang senantiasa berubah tergantung hormon, pola makan, aktivitas fisik, polusi dan kosmetik yang digunakan.

Komedo pun akan tetap ada dan selalu muncul walaupun sudah di-facial dan lain sebagainya. Terlebih, pada seseorang yang memiliki wajah berminyak dan berkeringat.

Ilustrasi wajah berminyak. (Shutterstock)
Ilustrasi wajah berminyak. (Shutterstock)

4. Komedo tidak bisa dicegah

Faktanya, kemunculan komedo bisa dicegah asalkan kamu rajin eksfoliasi wajah dengan cara yang benar. Selain itu, minum air putih yang cukup, membersihkan sisa makeup dengan baik serta konsumsi buah dan sayur adalah cara mudah untuk mencegah komedo.

Berita Terkait

Berita Terkini