Pakai Makeup saat Berolahraga, Boleh Tidak?

Demi kesehatan kulit, lebih baik jangan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 25 November 2018 icon 16:00 WIB
Pakai Makeup saat Berolahraga, Boleh Tidak?

Ilustrasi olahraga pakai makeup. (Unsplash/Bruce Mars)

Kalau kamu adalah salah seorang yang termasuk makeup junkie, mungkin sudah sering menghadapi kegalauan satu ini. Ingin tetap tampil flawless pakai makeup saat berolahraga, tapi khawatir hal itu bakal menimbulkan jerawat.

Jadi sebenarnya, boleh tidak sih pakai makeup saat berolahraga?

Jawabannya adalah : tidak. Seorang dermatolog asal New York, Whitney Bowe, menyarankan lebih baik tidak menggunakan makeup sama sekali ketika berolahraga. Sebab pakai makeup saat olahraga akan membuat pori-pori kulit terhalang.

Baca Juga: Hobi Pakai Makeup? Ini 4 Dampak Positif yang Akan Kamu Dapatkan

Dermatolog lain, Annie Chiu, yang dilansir oleh situs The Klog juga sependapat. Ia mengungkapkan bahwa makeup dan keringat bisa menutup pori-pori dan berpotensi menimbulkan jerawat.

Hal itu masuk akal mengingat pori-pori berfungsi sebagai jalur keluar keringat. Saat berolahraga, sirkulasi darah meningkat, menyebabkan tingginya aktivitas produksi minyak dan keringat.

Ilustrasi olahraga pakai makeup. (Unsplash/Bruce Mars)
Ilustrasi olahraga pakai makeup. (Unsplash/Bruce Mars)

Jika tertutup makeup, hasilnya kelenjar, kotoran, dan keringat menjadi tidak bisa keluar dari wajah dan akan menyebabkan timbulnya jerawat, komedo, bahkan iritasi pada kulit. Bakteri pun semakin mudah berkembang biak.

Tapi kalau kamu tidak nyaman berolahraga dengan kondisi bare face, tetap boleh kok menggunakan makeup tipis dan tidak berlebihan.

Kuncinya adalah memilih makeup dengan kandungan atau tekstur tertentu. Contohnya pilih pelembab yang berbahan dasar air untuk mengurangi penyumbatan keringat pada pori-pori wajah.

Selian itu, kamu juga bisa memilih bedak berbentuk bubuk atau menggunakan BB cream yang kandungannya tidak terlalu berat untuk wajah.

Bagaimana? Ada yang selama ini terbiasa tetap pakai makeup saat berolahraga? Ubah kebiasaan itu, yuk!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI