Beauty

Wajib Tahu, Tips Eksfoliasi sesuai Jenis Kulit Wajah

Beda jenis kulit, beda pula cara menanganinya.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yasinta Rahmawati

Ilustrasi kulit mulus. (Pexels)
Ilustrasi kulit mulus. (Pexels)

Dewiku.com - Eksfoliasi atau perawatan wajah untuk mengikis sel kulit mati dari permukaan kulit bisa dilakukan dengan dua cara, yakni secara mekanis dan kimia.

Nah, selain memilih cara yang tepat, memahami jenis kulit adalah syarat utama sebelum melakukan eksfoliasi. Dilansir dari Elle, berikut tips eksfoliasi sesuai jenis kulit wajah.

1. Kulit kering

Pemilik kulit kering, hindari exfoliator dengan kandungan alkohol yang tinggi. Kamu perlu mencari produk yang punya bahan melembapkan seperti coconut oil, shea butter, atau ceramide.

Kulit yang cenderung kering sebaiknya juga cukup melakukan eksfoliasi 1-2 kali saja seminggu dan dilanjutkan memakai pelembap.

Kulit dehidrasi. (Pexels)
Ilustrasi kulit kering. (Pexels)

2. Kulit berminyak

Kulit berminyak punya toleransi lebih tinggi, sehingga bisa melakukan eksfoliasi hingga 5 kali dalam seminggu. Pastikan cari exfoliator yang mengandung alpha atau beta acids, salicylic atau glycolic acids.

Tetap gunakan pelembap setelahnya. Sebab jika kamu eksfoliasi kulit terlalu banyak, itu bisa menyebabkan kemerahan dan iritasi. Bahkan, bisa memicu minyak keluar lebih banyak.

3. Kulit normal

Kulit normal bisa melakukan eksfoliasi 2-3 kali seminggu. Untuk kulit normal bisa menggunakan alat bantu seperti sikat atau waslap.

Pilih produk-produk berbahan dasar kimia yang meliputi gula granular, aprikot, walnut dan sejumlah kecil acid. Sebaiknya aplikasikan perlahan untuk melihat reaksinya di kulit terlebih dahulu.

Kulit sensitif. (Unsplash/Kelley Bozarth)
Ilustrasi kulit normal. (Unsplash/Kelley Bozarth)

4. Kulit kombinasi

Jenis Kulit kombinasi biasanya lebih berminyak di T-zone namun daerah pipi serta dahi kering. Maka dari itu, eksfoliasi lebih baik difokuskan pada bagian berminyak itu. Namun tetap setelahnya harus diikiti pelembap terutama di area yang kering.

Berita Terkait

Berita Terkini