Beauty

Tips Ampuh Atasi Jerawat Ketiak, Pakai Bahan Alami

Lebih kecil kemungkinan untuk iritasi.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yasinta Rahmawati

Ilustrasi ketiak. (Shutterstock)
Ilustrasi ketiak. (Shutterstock)

Dewiku.com - Tidak hanya di wajah dan punggung, jerawat juga bisa melanda area ketiak. Tentunya hal ini sangat mengganggu jika aktivitas sedang padat. Terlebih area ketiak mudah sekali berkeringat. Ada yang punya masalah jerawat ketiak?

Meski ada krim atau obat yang dapat membantu menyingkirkannya, terkadang produk tersebut bisa menyebabkan iritasi. Kenapa tidak mencoba dengan bahan alami?

Dilansir dari Boldsky, berikut bahan-bahan alami untuk mengobati jerawat ketiak dengan mudah.

1. Tea tree oil

Dikemas dengan sifat antibakteri dan antiseptik, tea tree oil membantu untuk mengobati jerawat ketiak ketika diterapkan secara topikal. Dapat dicampur dengan beberapa minyak zaitun atau minyak kelapa.

2. Madu dan kayu manis

Madu dan kayu manis adalah sumber antioksidan yang baik dan efektif dalam mengurangi jerawat di wajah, termasuk jerawat pada ketiak. Mereka juga memiliki kemampuan untuk melawan bakteri penyebab jerawat dan juga mengurangi peradangan.

Ilustrasi ketiak. (Pixabay)
Ilustrasi ketiak. (Pixabay)

3. Teh hijau

Teh hijau mengandung flavonoid dan tanin yang membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Bahan alami ini juga mengandung antioksidan yang disebut epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang mengurangi produksi sebum di kulit dan melawan peradangan, sehingga menghilangkan kemungkinan jerawat semakin membengkak.

4. Aloe vera dan air mawar

Aloe vera tidak hanya membantu mengobati luka dan infeksi, tapi juga membantu menangkal jerawat dan bakteri penyebab jerawat karena asam salisilat dan kandungan sulfurnya. Penelitian telah menunjukkan bahwa asam salisilat sangat menonjol dalam mengurangi munculnya jerawat.

Ilustrasi ketiak. (Pexels/Rowan Chestnut)
Ilustrasi ketiak. (Pexels/Rowan Chestnut)

5. Apple cider vinegar

Cuka apel diketahui bisa melawan sejumlah virus dan bakteri yang bisa menyebabkan jerawat. Ia juga mengandung asam suksinat yang membantu untuk menekan peradangan yang disebabkan oleh jerawat dan bahkan diketahui bisa memudarkan bekas luka yang disebabkan oleh jerawat.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati jerawat ketiak. Selamat mencoba!

Berita Terkait

Berita Terkini