Jangan Asal Ambil, Ini Tips Memilih Sabun Mandi yang Tepat

Pilih sabun mandi juga ada tipsnya, lho. Yuk, simak.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 18 Desember 2018 icon 18:45 WIB
Jangan Asal Ambil, Ini Tips Memilih Sabun Mandi yang Tepat

Sabun mandi. (Pexels/Pixabay)

Girls, rupanya hal sepele seperti pemilihan sabun mandi bisa jadi hal yang pelik buat kamu hawa. Terbukti, tiap belanja bulanan, cewek-cewek pasti ngabisin waktu yang lama cuma buat nentuin mau beli sabun mandi yang seperti apa.

Nah, biar kamu nggak salah beli, memilih sabun mandi juga ada tipsnya, lho. Sama seperti memilih sabun wajah, pada dasarnya, memilih sabun mandi juga harus disesuaikan dengan jenis kulit tubuh.

Kulit sensitif

Baca Juga: Wajib Tahu, Tips Eksfoliasi sesuai Jenis Kulit Wajah

Kulit jenis ini cenderung mudah iritasi dan sering merasa gatal. Oleh sebab itu, nggak cocok memakai sabun mandi yang mengandung pewangi buatan. Menggunakan sabun bayi bisa jadi solusi kala kamu butuh sabun mandi yang mudah didapat, bahkan di toko kelontong sekalipun.

Jika kamu punya banyak waktu dan budget, membeli sabun mandi khusus kulit sensitif adalah jalan keluar terbaik. Sayangnya, sabun mandi jenis ini biasanya dijual dengan harga yang lebih mahal dibandingkan sabun mandi untuk jenis kulit lainnya.

Ilustrasi kulit sensitif. (Pexels/Bennie Lukas Bester)
Ilustrasi kulit sensitif. (Pexels/Bennie Lukas Bester)

Kulit kering

Baca Juga: Yuk Kenali Face Oil yang Cocok untuk Setiap Jenis Kulit Wajah!

Kulit kering biasanya nggak 'akur' dengan dengan sabun mandi yang mengandung banyak deterjen. Solusinya, pilih sabun mandi yang memiliki label moisturizing alias melembapkan.

Sabun mandi jenis shower cream juga bisa jadi alternatif lho, karena shower cream cenderung nggak banyak deterjen dan bikin kulit lebih lembap. Kandungan tambahan seperti vitamin E juga bisa jadi poin plus.

Ilustrasi mandi. (Unsplash)
Ilustrasi kulit kering. (Unsplash)

Kulit berminyak

Eits, nggak cuma kulit wajah aja yang berminyak. Kulit tubuh juga punya kendala yang sama. Ciri yang paling mencolok dari kulit berminyak adalah permukaan terasa sangat lembap karena produksi minyak jalan terus.

Kondisi kulit ini ada postif dan negatifnya, Girls. Positifnya, kulitmu terjaga kelembapannya. Namun sayangnya, kondisi ini juga bikin kulit berpotensi jadi sarang kuman.

Solusinya, kamu bisa pakai sabun mandi anti bakteri yang beredar luas di pasaran. Sabun dengan kandungan lavender juga baik untuk mengontrol kadar minyak.

Ilustrasi mandi / Pexels.com
Ilustrasi mandi. (Pexels)

Kulit normal

Kulit normal ini memang idaman semua orang karena nggak mudah iritasi, nggak bersisik dan nggak berminyak. Kalau kamu punya kulit normal, mandi dengan sabun jenis apapun nggak masalah. Kadar toleransi kulit kamu cukup tinggi dengan sabun mandi jenis apapun.

Itulah deretan tips memilih sabun mandi yang cocok untuk setiap jenis kulit. Kalau kamu, cocok pakai sabun mandi apa, Girls?

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI