7 Tips Dasar Mengatasi jerawat dari Dokter Kulit

Selalu percayakan pada ahlinya.

By: Rendy Adrikni Sadikin icon Rabu, 26 Desember 2018 icon 15:45 WIB
7 Tips Dasar Mengatasi jerawat dari Dokter Kulit

Ilustrasi jerawat. (Shutterstock)

Ada begitu banyak pendapat tentang mengatasi jerawat sehingga sulit untuk mengetahui mana tindakan terbaik yang harus diambil. Namun, ada baiknya untuk pergi mendengarkan saran yang diberikan oleh sumber yang paling berkompeten, siapa lagi kalau bukan dokter kulit!

Dilansir dari All Women Stalk, berikut adalah beberapa tips dasar dari dokter kulit tentang cara menangani jerawat.

1. Pertimbangkan produk

Baca Juga: Ingin Redakan Jerawat, Perhatikan 5 Kandungan Skincare Ini

Kamu perlu lebih jeli membaca bagian kemasan produk skincare yang dipakai. Kamu perlu melihat apakah sesuatu yang mungkin menyebabkan si jerawat muncul. Lihat penggunaan berdasarkan tanggal pada pembelian lama, lihat daftar bahan dan semua hal yang mungkin dapat membantumu mengidentifikasi.

Ilustrasi produk kecantikan. (Unsplash/Leander Lenzing)
Ilustrasi produk kecantikan. (Unsplash/Leander Lenzing)


2. Jangan dipegang!

Inilah salah satu godaan terberat, kamu harus berusaha sekuat tenaga untuk tidak memegang jerawat! Mungkin terlihat dan terasa memuaskan untuk memencetnya saat itu. Tetapi melakukan hal itu dapat menyebabkan bekas luka permanen tertinggal.

Baca Juga: Ini Manfaat Daun Mint untuk Kecantikan yang Belum Kamu Tahu

3. Pertimbangkan facial wash baru

Sementara menggunakan scrub dan astringen dapat memperburuk kondisi jerawat, satu hal yang dapat dilakukan adalah melihat menggunakan pembersih baru.

Cari pembersih yang memiliki kadar asam salisilat dan benzoil peroksida yang tinggi, karena ini adalah bahan yang akan membantu melawan minyak berlebih yang menciptakan jerawat di kulit.

4. Ganti produk rambut

Apakah selama ini kamu memakai produk rambut yang mengandung minyak argan? Bisa jadi itu adalah alasan kamu terus berjerawat.

Ketika kamu memakai produk berminyak kemudian tidur di malam hari, minyak tersebut menempel di bantal dan bisa berpindah ke wajah. Sama halnya jika kamu memiliki poni, minyak itu akan selalu bersentuhan dengan dahi.

Ilustrasi poni. (Unsplash/Noah Buscher)
Ilustrasi poni. (Unsplash/Noah Buscher)

 

5. Mengubah pola makan

Mungkin kamu perlu mengubah pola makan. Konsumsi susu berlebih diketahui menyebabkan kulit berjerawat. Begitu pula dengan semua junk food yang tidak baik untuk tubuh maupun kulit.

6. Ponsel

Kita menghabiskan banyak waktu dengan ponsel, padahal hari-jari kita dipenuhi dengan bakteri. Jika menyentuh pipi, itu bisa memindahkan jutaan bakteri. Jadi ingatlah untuk teratur membersihkannya.

7. Obat-obatan

Baca Juga: Jerawat dan Beruntusan saat Coba Skincare Baru, Bahaya Nggak?

Terkadang obat yang sedang kita konsumsi mengandung bahan-bahan yang membuatmu alergi sampai-sampai obat itu menimbulkan jerawat. Kalau bisa, cari obat alternatif untuk menggantinya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI