Beauty

Multifungsi, Begini Cara Kontur dan Highlighting Wajah Pakai Concealer

Satu produk banyak fungsinya.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yasinta Rahmawati

Ilustrasi makeup. (Shutterstock)
Ilustrasi makeup. (Shutterstock)

Dewiku.com - Concealer bisa lebih dari sekadar menyamarkan lingkar mata hitam. MUA profesional suka menggunakannya untuk kontur dan highlighting wajah juga, lho.

Dilansir dari Allure, jika ingin menerapkan teknik ini pastikan sudah memiliki concealer yang cocok. Para MUA profesional menyarankan concealer dengan formula yang tidak terlalu lembap maupun kering seperti Bobbi Brown's Instant Full Coverage Concealer.

Mereka juga menyarankan memilih concealer berbentuk palet yang punya rentang warna beragam. Concealer palet bakal memudahkan untuk mencampur dan mencocokkan warna sesuai kebutuhan kulit.

Namun jika sedang on budget, tidak perlu palet lengkap untuk menjalankan metode ini dengan benar. Hal yang dibutuhkan hanya dua warna concealer, satu untuk highlighting dan satu untuk menciptakan definisi atau kontur.

Perempuan menggunakan makeup. (Unsplash/Roberto Delgado Webb)
Perempuan menggunakan makeup. (Unsplash/Roberto Delgado Webb)

Karena contouring akan terlihat seperti bayangan, pilih warna concealer sekitar dua warna lebih gelap dari kulit.

Sedangkan warna concealer untuk highlighting, sebaiknya pilih warna kuning muda atau peach pucat. Sebab warna ini bagus untuk menyamarkan lingkaran hitam dan urat-urat yang menonjol pada kulit pucat sembari memberikan efek pencahayaan.

''Warna madu dan persik cocok untuk warna kulit sedang, sedangkan warna kulit yang lebih gelap terlihat memukau dalam warna kuning dan kopi,'' ungkap MUA Joanna Schlip.

Soal highlighting, tambahkan concealer terang ke sudut mata bagian dalam dan pangkal tulang pipi untuk menambahkan sedikit pengangkatan pada wajah. Tambahkan juga di bagian tengah hidung jika ingin memberikan ilusi lebih ramping. Tepi bibir dan dagu juga bisa ditambahkan. Saat mengaplikasikannya, kamu bisa memakai jari, spons, maupun brush.

Selanjutnya untuk contouring, pikirkan terlebih dahulu area wajah yang ingin diberi bayangan. Bagi kebanyakan orang, tulang pipi dan di bawah rahang mereka.

''Saya akan menempatkan warna concealer kontur di sepanjang tepi garis rambut, di sekitar pelipis, di bawah garis rahang, dan di bawah tulang pipi untuk menghadirkan kedalaman yang lebih ke wajah,'' ucap MUA Elisa Flowers.

Bagaimana? Sudah ada bayangan untuk menggunakan concealer sebagai kontur dan highlighter? Selamat mencoba!

Berita Terkait

Berita Terkini