Jangan Panik, Ini 5 Tips Merawat Wajah Berminyak dan Sensitif

Wajah berminyak dan sensitif bukan penghalang untuk tampil cantik.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 06 Februari 2019 icon 11:00 WIB
Jangan Panik, Ini 5 Tips Merawat Wajah Berminyak dan Sensitif

Penggunaan sunscreen bermanfaat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. (Unsplash/qi bin)

Memiliki kulit sensitif memang rada merepotkan. Begitu pula dengan kondisi wajah berminyak. Namun, bukan berarti boleh menyerah soal rutinitas perawatan wajah.

Kulit sensitif sangat mudah bereaksi dengan berbagai faktor eksternal, termasuk perubahan cuaca dan bahan kimia dalam produk kecantikan, Reaksi yang ditunjukkan biasanya berupa munculnya bisul atau bintik-bintik merah hingga kulit yang menjadi sangat kering.

Merawat kulit sensitif butuh upaya lebih. Pilih produk perawatan alami, mengingat kulit sensitif lebih rapuh daripada jenis kulit lain. Selain itu, jangan keseringan berganti produk. Saat membeli produk kecantikan, lakukan tes sederhana di bagian kulit selain wajah terlebih dahulu.

Baca Juga: Prediksi Tren K-Beauty 2019, Ada Masker Kaki

Pemilik kulit sensitif juga tidak disarankan berlebihan dalam membersihkan wajah. Jangan pernah lupakan pentingnya penggunaan tabir surya juga. Jika mengalami masalah kompleks seperti iritasi kulit, segera konsultasikan ke dokter.

Wajah berminyak juga cukup bikin pusing, apalagi kalau sudah rewel. Bukan cuma terlihat kusam, tapi juga penuh kilap dan berjerawat. Namun, dengan cara perawatan yang tepat, sebagian besar komplikasi kulit seharusnya bisa dicegah.

Berikut adalah lima tips merawat wajah berminyak dan kulit sensitif.

Baca Juga: Wajib Kamu Tahu Girls, Ini 5 Jenis Masker untuk Jenis Kulit yang Berbeda

Ilustrasi perempuan berpemikiran bebas dan terbuka. (Unsplash/Dorothy Puscas)
Ilustrasi perempuan berpemikiran bebas dan terbuka. (Unsplash/Dorothy Puscas)

 

1. Hindari sinar UV

Paparan sinar matahari di atas jam sepuluh bisa mengancam kecantikan kulit wajah kamu. Sinar UV yang rawan merusak lapisan kulit sehingga memunculkan keriput, masalah kulit kering, dan berjerawat.

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk memastikan kulit tetap cantik meski punya aktivitas padat di luar, yaitu memakai krim yang mengandung SPF tinggi atau pakai topi guna meminimalisir serangan terik matahari.

2. Ubah pola makan

Ada pepatah mengatakan, ‘’Kamu adalah apa yang kamu makan’’. Ubah pola hidupmu menjadi lebih sehat. Konsumsi makanan sehat sehingga kulitmu juga akan terlihat lebih menawan. Vitamin-vitamin yang ada di dalam sayuran dan buah-buahan segar akan menutrisi kulit cantikmu.

3. Rajin cuci muka

Usai beraktivitas seharian, dapat dipastikan ada berlapis-lapis kotoran menempel di kulit muka. Itulah mengapa ada kewajiban membersihkan wajah minimal dua kali dalam sehari, menggunakan produk yang tepat.

Sabun muka yang cocok untuk kulit sensitif dan berjerawat tentu berbeda dengan jenis kulit lainnya. Tekstur sabun haruslah lembut bagai gel dan tidak mengandung zat iritatif. Usahakan pula untuk hindari scrub karena mampu mengikis lapisan pelindung kulit wajah. 

Ilustrasi membersihkan wajah. (Shutterstock)
Ilustrasi membersihkan wajah. (Shutterstock)

 

4. Pelembab

Tipe kulit normal, kering, maupun berminyak membutuhkan yang namanya pelembab. Hanya saja, pada tipe kulit sensitif, ada sedikit perlakuan yang berbeda. Kadar minyak pada pelembab haruslah imbang alias tidak terlalu banyak tapi juga tidak terlalu sedikit.

Kandungan pelembab juga menentukan, lho. Asam lipoat, asam glikolat, dan asam alfa hidroksi adalah tiga kandungan terbesar yang harus dihindari karena gampang memicu iritasi dan jerawat pada tipe kulit sensitif. 

5. Utamakan label hypoallergenic

Tidak banyak orang tahu kalau ada label-label tertentu yang akan sangat membantu dalam memilih produk kecantikan, salah satunya adalah hypoallergenic. Apabila kamu menemukan kata tersebut pada suatu produk dan kebetulan kulit kamu super sensitif, segera masukkan dalam daftar pertimbangan.

Hypoallergenic adalah istilah untuk menyatakan bahwa kandungan produk minim timbulkan alergi. Bagi kulit sensitif, bahan satu ini lebih aman. Tidak hanya produk perawatan wajah, makeup pun bisa saja berlabel hypoallergenic.

Itulah tadi beberapa cara merawat wajah berminyak dan kulit sensitif. Sebagai catatan, sebisa mungkin waspadai adanya suhu ekstrem seperti terlalu panas atau dingin, perubahan hormon, serta stres berlebih yang juga sangat berpengaruh terhadap kecantikan kulitmu.

 

Alana Patricia Chandra (Mahasiswa Universitas Bina Nusantara)

Baca Juga: Produk Kecantikan Korea Makin Tenar, Pasti Cocok untuk Kulit Kita?

Artikel ini merupakan kiriman pembaca DewiKu.com. Isi dari artikel ini merupakan tanggung jawab penulis, bukan redaksi DewiKu.com.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI