Gadis Ini Nyaris Tewas setelah Pakai Lip Balm, Ini Penyebabnya

Pakai lip balm ternyata bisa jadi hal berbahaya juga.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 08 Februari 2019 icon 08:00 WIB
Gadis Ini Nyaris Tewas setelah Pakai Lip Balm, Ini Penyebabnya

Ilustrasi Lip Balm. (Pixabay)

Seorang gadis dilaporkan hampir kehilangan nyawa setelah pakai lip balm. Produk yang digunakan ternyata mengandung bahan yang memicu alergi parah.

Dilansir dari Daily Mail, kejadian itu bermula saat gadis asal Inggris bernama Amy Brown mendapat kado di hari Natal berupa satu set produk Nivea dari kedua orangtuanya.

Dia tidak mengenali kandungan minyak almond manis pada lip balm yang diberi label dengan nama kimia Prunus Amygdalus Dulcis.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Kamu Tahu Soal Lip Balm

Mulanya, gadis 19 tahun tersebut mencoba untuk tidak panik ketika bibirnya merasa kesemutan. Hanya saja, tenggorokan lalu terasa gatal dan muncul ruam di tangannya. Dia pun langsung minum obat untuk meredakan gejala alergi itu.

Amy yang alergi terhadap semua kacang-kacangan dan biji wijen sejak usia empat tahun itu lalu mendesak industri kosmetik dan makanan agar lebih jelas mencantumkan bahan yang terkandung. Pasalnya, itu bisa menyebabkan konsekuensi yang fatal.

''Itu adalah pengalaman yang mengerikan, tetapi saya ingin mengubahnya menjadi sesuatu yang positif. Saya pikir sudah saatnya label kosmetik memiliki standar untuk mengatasi alergi,'' ungkap dia.

Baca Juga: Sedang Sial, Pencuri Mobil Mewah Ini Tertangkap karena Lip Balm

Lip balm/Pexels.com
Lip balm. (Pexels)

 

Amy kemudian menerangkan jika dia menerima satu paket hadiah Nivea Luscious Lips yang berisi dua Lip Butters dan dua Lip Balm. Pada awal Januari lalu, ia mengoleskan Blueberry Blush Lip Butter dan dalam hitungan detik muncul gejala alergi.

Dia pun langsung menghapus lip balm di bibirnya, mengambil antihistamin, dan memakai obat hisap untuk meredakan gejalanya.

''Saya tahu bagaimana menghadapinya, tetapi itu membuat saya panik. Napas saya berjalan cukup cepat saat itu dan saya gemetar,'' ujarnya.

Gejala alergi setelah pakai lip balm itu mereda dalam waktu dua jam. Meski begitu, ia masih mengeluh mengalami sakit tenggorokan sepanjang hari.

Dia mengatakan, ''Saat saya mengalami reaksi itu, rasanya seperti ada lepuh di bagian belakang tenggorokan yang ingin saya garuk.''

Ilustrasi Lip Balm. (Pixabay)
Ilustrasi Lip Balm. (Pixabay)

 

Saat ia dan ibunya menghubungi Nivea, lini kosmetik itu mengatakan mereka secara hukum telah mematuhi Hukum Eropa dengan mencantumkan nama INCI (Nomenklatur Internasional untuk Bahan Kosmetik) pada kotak hadiah tersebut.

Baca Juga: Kolaborasi dengan LINE, Nivea Hadirkan Lip Holder Super Gemas

Seorang juru bicara Nivea mengungkapkan, ''Kami selalu menghargai umpan balik dari konsumen kami dan sangat memperhatikan masalah produk kami. Seperti yang dinyatakan dalam percakapan kami dengan konsumen, label INCI dari kotak hadiah Lip Butter sendiri sepenuhnya sudah sesuai dengan ketentuan regulasi Kosmetik UE.'' (Yuliana Sere)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI