Beauty

Vlogger China Dikecam Netizen, Ia Dituduh Melakukan Blackface

Mengubah penampilan menjadi kulit hitam sangatlah sensitif.

Galih Priatmojo | Yasinta Rahmawati

Yumamika. (YouTube/Himiuki C)
Yumamika. (YouTube/Himiuki C)

Dewiku.com - He Yuhong, seorang live-streamer dan vlogger China yang lebih dikenal dengan nama online Yuyamika dikecam netizen baru-baru ini.

Dilansir dari Next Shark, Yuyamika dituduh melakukan "blackface" di salah satu video transformasi makeup yang diposting di TikTok.

Yuyamika, yang terkenal karena mengubah dirinya menjadi ikon dan selebritas seperti Mona Lisa mengubah dirinya menjadi seorang wanita kulit hitam di video tersebut.

Yumamika. (YouTube/Himiuki C)
Yuyamika. (YouTube/Himiuki C)

 

Dalam video yang sekarang beredar di banyak platform media sosial, Yuyamika terlihat memulainya dengan memakai foundation yang jauh lebih gelap dari warna kulit aslinya.

Dia kemudian menambahkan produk kosmetik lainnya ke wajahnya seperti bedak, bronzer, highlighter alis hingga lipstik warna burgundy.

Meski transformasinya sangat memukau, banyak netizen yang tidak suka dan menuduhnya melakukan blackface.

"Ini bukan caranya kamu merayakan bulan sejarah kulit hitam," protes salah satu netizen.

Yumamika. (YouTube/Himiuki C)
Yuyamika. (YouTube/Himiuki C)

 

Netizen lain pun menyampaikan kekesalannya, "Saya sangat muak dengan omong kosong ini dan terutama muak dengan orang-orang bodoh yang bertepuk tangan dan ikut menandatangani kebodohan ini."

"Aku tidak percaya kalian semua benar-benar memaafkan omong kosong ini atau bertindak seolah itu bukan masalah besar. Blackface tetaplah black face, dan ini adalah penghinaan," tambah yang lain.

Berita Terkait

Berita Terkini