Barbara Santana Bongkar Tradisi Operasi Plastik dalam Kontes Kecantikan

''Kontes kecantikan memiliki sponsor dokter bedah plastik, jadi operasinya benar-benar gratis,'' ungkap Barbara Santana.

By: Vika Widiastuti icon Sabtu, 30 Maret 2019 icon 13:15 WIB
Barbara Santana Bongkar Tradisi Operasi Plastik dalam Kontes Kecantikan

Barbara Santana. (Instagram/@barbsantana)

Ketika kontes kecantikan berlangsung, penonton akan disuguhkan dengan wajah-wajah cantik yang memukau. Namun tahukah kalian jika wajah-wajah cantik tersebut kebanyakan sudah dipermak sebelum kontes berlangsung?

Seorang ratu kecantikan Amerika yang sering mengikuti kontes bernama Barbara Santana membuka semuanya, termasuk bagaimana awal mula operasi plastik menjadi tradisi beauty pageant disana.

Dilansir dari Refinery29, Barbara mengatakan jika prosedur permak wajah sangat umum ditemui di Amerika bahkan untuk anak usia remaja sekalipun.

Baca Juga: Setelah 2 Operasi Plastik, Wanita Ini Meninggal karena Pembekuan Darah

Hal inilah yang kemudian membuat persaingan semakin ketat hingga banyak yang memasukkan prosedur operasi plastik sebagai 'hadiah' yang bisa digunakan sebelum 'pageant' berlangsung.

''Kontes kecantikan memiliki sponsor dokter bedah plastik, jadi operasinya benar-benar gratis,'' ungkapnya.

Hal ini mendorong banyak kontestan untuk mempercantik fitur wajahnya sebelum bertanding, termasuk dirinya.

Baca Juga: Begini Rasanya Jadi Miss Korea dari Sudut Pandang Soo Min Kim

Menurut Barbara, keinginan ini bukan hanya datang dari keinginan kontestan sendiri, tapi juga arahan dari pihak ajang itu sendiri.

Barbara sendiri memutuskan untuk mengecilkan payudara dan memperbaiki hidung setelah diminta oleh direktur kontes kecantikan Miss Dominican Republic US pada 2014.

Kala itu Barbara baru berusia 19 tahun dan dia menyetujui tawaran itu tanpa berpikir panjang.

Barbara Santana. (Instagram/@barbsantana)
Barbara Santana. (Instagram/@barbsantana)

 

Wanita yang pernah memenangkan Miss Dominican 2014 dan mengikuti Miss World 2014 mengaku agak menyesal dengan keputusannya kala itu.

''Aku tidak menentang operasi plastik, karena itu membantu banyak orang untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka,'' ujarnya.

''Hanya saja aku merasa melakukan hal itu agar bisa diterima orang-orang yang terus mengkritikku, bukan untuk diriku sendiri,'' lanjutnya sambil berkata jika prosedur itu dia lakukan untuk memuluskan jalannya ketika ikut pemilihan Miss World 2014.

Baca Juga: Cantik Tanpa Operasi, Coba Jalani Perawatan Wajah Ini

Kini Barbara tengah sibuk mengikuti berbagai kegiatan sosial yang menjadi bagian dari tugasnya sebagai ratu kecantikan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI