Bukan Hanya Bumbu Dapur, Kayu Manis Juga Efektif Atasi Masalah Jerawat

Tertarik mencoba perawatan wajah dengan kayu manis?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 28 Oktober 2019 icon 09:00 WIB
Bukan Hanya Bumbu Dapur, Kayu Manis Juga Efektif Atasi Masalah Jerawat

Ilustrasi perawatan kecantikan dengan masker wajah. (DewiKu.com/Ema Rohimah)

Kayu manis menjadi salah satu rempah-rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur. Rupanya kayu manis juga mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan.

Manfaat kayu manis di antaranya mengontrol gula darah, menurunkan kolestelor, bahkan mencegah pertumbuhan sel kanker. Selain bermanfaat bagi kesehatan, kayu manis juga mempunyai khasiat yang tinggi untuk perawatan kecantikan, khususnya jerawat.

Bagi kalian yang memiliki jerawat, tak perlu cemas lagi untuk mengatasi masalah kulit satu ini. Sebab, masker kayu manis bisa menjadi salah satu referensi kamu dalam mengatasi jerawat.

Baca Juga: Kocak Banget, Will Smith Mengira Alat Pijat Wajah sebagai Mainan Seks

Pembuatan masker kayu manis untuk jerawat biasanya melibatkan madu atau susu. Namun jika alergi susu, kamu dapat memilih madu untuk dicampurkan dengan bubuk kayu manis saja.

Pilihlah madu manuka yang terkenal ampuh mengatasi jerawat. Madu jenis ini bersifat melembapkan kulit serta membantu melawan peradangan yang disebabkan jerawat. 

Kayu Manis
Kayu Manis. (Shutterstock)

Caranya, campur dua sendok teh kayu manis bubuk dan dua sendok makan madu. Aduk rata hingga membentuk pasta atau krim.

Baca Juga: Tips Membersihkan Wajah, Lebih Baik Pakai Air Hangat atau Dingin?

Oleskan adonan masker kayu manis ke seluruh wajah. Diamkan masker selama 30 menit lebih. Setelah itu, bilas dengan air mengalir sampai wajah bersih.

Ada sebuah catatan penting dalam melakukan perawatan kulit ini. Pastikan kamu tidak punya alergi terhadap kayu manis dan madu sebelum mengoleskannya langsung pada kulit wajah.

Ilustrasi perawatan wajah. (Shutterstock)
Ilustrasi perawatan wajah. (Shutterstock)

Untuk mengujinya, kamu dapat mengoleskan sedikit krim masker di punggung tangan dan tunggu 10-15 menit untuk melihat apakah ada reaksi yang muncul seperti bengkak kemerahan atau gatal.

Baca Juga: Mengenal Lunchtime Facelift, Tren Terbaru Perawatan Kecantikan

Jika tidak ada, kamu boleh mengoleskan masker kayu manis itu di wajah. Gunakan masker campuran kayu manis untuk jerawat maksimal satu sampai dua kali dalam seminggu.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI