Beauty

Cegah Penampilan Tampak Tua, Tips Mengurangi Kerutan di Sekitar Mata

Adanya kerutan di sekitar mata merupakan tanda pertama penuaan pada kulit.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Amertiya Saraswati

Perempuan dengan kelopak mata ganda. (Unsplash/Peter Nguyen)
Perempuan dengan kelopak mata ganda. (Unsplash/Peter Nguyen)

Dewiku.com - Seiring bertambah usia, kulit akan mulai kehilangan elastisitas serta mengalami penuaan. Area sekitar mata adalah salah satu bagian kulit yang pertama menua.

Setiap orang memiliki kerutan di sekitar mata yang biasanya terlihat jelas saat tertawa. Ketika kita bertambah tua, garis-garis di sekitar mata ini akan menjadi permanen.

Biasanya, garis-garis kerutan ini mulai muncul di pertengahan 20-an. Jadi, ada baiknya jika Anda melakukan perawatan kulit sedini mungkin.

Melansir laman Boldsky, berikut delapan hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi kerutan di sekitar mata. Apa saja?

Cegah Penampilan Tampak Tua, Tips Mengurangi Kerutan di Sekitar Mata - 1

1. Melindungi diri dari sinar matahari

Paparan sinar matahari termasuk hal yang mempercepat penuaan dan mengurangi elastisitas kulit. Jangan lupa melindungi kulit wajah dengan menggunakan tabir surya. Selain itu, kamu bisa melindungi wajah dengan memakai topi atau pakaian lengan panjang.

2. Merilekskan kulit

Sebisa mungkin, hindari aktivitas seperti mengerutkan kening, menggosok area sekitar mata, menyandarkan kepala di tangan, atau menyipitkan mata. Kalau terlalu sering dilakukan, aktivitas ini akan membuat kerutan di sekitar mata menjadi lebih mudah muncul.

3. Gunakan kacamata

Sering menghabiskan waktu di depan komputer atau ponsel? Cobalah untuk menggunakan kacamata anti radiasi. Hal ini juga berlaku bagi kamu yang sering membaca dengan penerangan buruk.

Hal-hal di atas dapat membuatmu mengerutkan atau menyipitkan mata tanpa sadar. Untuk itu, atasi dengan mengenakan kacamata.

Ilustrasi memakai kacamata. (Unsplash/Michal B)
Ilustrasi memakai kacamata. (Unsplash/Michal B)

4. Banyak menggunakan pelembap

Kulit yang kering lebih mudah mengalami penuaan dini. Jadi, pastikan untuk menjaga kelembapan kulit. Gunakan moisturizer secara teratur. Selain itu, minum banyak air putih agar kulit tetap lembap.

5. Memakai krim mata

Krim mata juga dapat berguna menjaga area sekitar mata agar tetap lembap dan awet muda. Kamu dapat mulai menggunakan krim mata di usia pertengahan 20-an. Begitu memasuki usia 30, jangan lupa untuk memakai skincare dengan kandungan anti-aging.

6. Berhenti merokok

Selain buruk bagi kesehatan, merokok juga akan membuat kulit cepat kering dan mengalami penuaan. Segera berhenti merokok jika kamu ingin punya tampilan lebih awet muda.

7. Memijat wajah

Supaya kulit tetap terlihat muda, kamu dapat mencoba memijat wajah. Meski begitu, lakukan hal ini perlahan-lahan.

Hindari menggosok wajah dan area sekitar mata secara berlebihan. Sebaliknya, pijat wajah dengan gerakan memutar ke atas.

Ilustrasi Memijat Wajah (Pexels/Shiny Diamond)
Ilustrasi Memijat Wajah (Pexels/Shiny Diamond)

8. Makan makanan sehat

Selain skincare, makanan pun berpengaruh pada kesehatan kulit. Hindari makanan berminyak, serta makanan cepat saji atau makanan yang mengandung banyak gula.

Di sisi lain, perbanyak konsumsi makanan dengan kandungan vitamin, omega 3, dan antioksidan. Deretan makanan ini dapat membantu produksi kolagen serta menjaga kulit tetap awet muda.

Berita Terkait

Berita Terkini