Bukan Cuma Reaksi Alergi, Waspadai Bahaya Pakai Lipstik Setiap Hari

Jarang diketahui, ternyata ada beberapa risiko penyakit dari kebiasaan memakai lipstik setiap hari.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 31 Juli 2021 icon 13:30 WIB
Bukan Cuma Reaksi Alergi, Waspadai Bahaya Pakai Lipstik Setiap Hari

Ilustrasi lipstik merah. (Shutterstock)

Bagi banyak perempuan, lipstik sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Mereka menggunakan produk kosmetik ini untuk mempercantik diri dan menambah kepercayaan diri. 

Tak heran jika ada perempuan yang menggunakannya hampir setiap hari, apalagi bagi mereka yang punya pekerjaan di depan publik. Namun, mulai sekarang sebaiknya waspada. 

Karena rutin pakai lipstik dapat berisiko memunculkan masalah kesehatan. Salah satunya terungkap dalam  studi dari Berkeley School of Publick Health, University of California.

Baca Juga: Bikin Emosi, Viral Keluarga Pengantin Omeli MUA karena Riasan Kurang Cetar

Penelitian ini mengungkapkan, lip gloss dan lipstik disebut mempunyai bahan racun berbahaya, mulai dari kadar kromium, timbal, aluminium, dan kadmium.

Ilustrasi lipstik merah. (Shutterstock)
Ilustrasi lipstik merah. (Shutterstock)

Terlebih lagi, penelitian ini mencatat, masalah kesehatan ini dapat berakibat jangka panjang bagi perempuan yang mengoleskan lipstik lebih dari dua hingga tiga kali dalam 24 jam, salah satunya tumor perut.

Melansir Healthshots, ada beberapa zat beracun pada lipstik yang perlu diketahui, antara lain:

Baca Juga: Meluncur di Tengah Pandemi, Brand Kosmetik Pinkflash Utamakan Kualitas

  • Polietilen glikol. Bahan berbasis krim ini dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan sistem saraf.
  • Paraben. Umumnya ditemukan pada lipstik yang dapat menembus ke kulit. Selain itu, bahan ini bisa menyebabkan beberapa efek samping, termasuk depresi dan diare.
  • Phthalates. Bahan ini dikatakan bisa membahayakan sistem endokrin tubuh.
  • Timbal. Bahan kandungan ini dapat menyebabkan risiko kesehatan jangka panjang.

Selain bahan beracun, ada beberapa risiko yang perlu diwaspadai jika kamu memakai lisptik berlebihan. Apa saja?

Adanya racun yang membahayakan tubuh

Menggunakan lipstik dengan bahan yang berbahaya, ini bisa menyerap racun ke dalam tubuh perempuan. Kadang tanpa disadari, perempuan lupa memperhatikan kandungan bahan ketika membelinya. Jadi, lebih baik cek bahan apa saja yang terkandung pada lipstik sebelum menyesal.

Menyebabkan alergi kulit

Lipstik yang mengandung bahan berbahaya dapat menyebabkan risiko ruam dan gatal di bibir perempuan. Hal itu karena lipstik mengandung bahan kimia yang disebut bismuth oxychloride sebagai pengawetan. Bahan ini dikatakan bersifat karsinogenik sehingga harus hati-hati sebelum membeli.

Ilustrasi noda bekas lipstik. (Pixabay/Miroslavik)
Ilustrasi noda bekas lipstik. (Pixabay/Miroslavik)

Menyebabkan kanker

Sebagian besar bahan lipstik lewat sifat karsinogenik, ini dapat menyebabkan kanker akibat penggunaan lipstik yang kurang hati-hati. Faktanya, bahan kimia yang diawetkan pada lipstik, dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Tak cuma kanker, melainkan bisa iritasi mata, mengi, dan alergi.

Menyebabkan perubahan pada sistem endokrin

Bagi perempuan yang belum memahami risiko ini, lipstik mengandung bahan petrokimia yang dapat menyebabkan perubahan pada sistem endokrin. Risiko ini bisa menyerang kemampuan kognitif serta reproduksi perempuan.

Bisa menyebabkan gagal ginjal

Baca Juga: Bikin Salfok, Jefri Nichol Tampil Berani Pakai Lipstik Tebal di Pemotretan

Dalam kasus ekstrem, gagal ginjal juga dapat terjadi akibat penggunaan lipstik secara teratur. Hal ini karena lipstik mengandung kadmium dalam jumlah besar, sehingga bisa menyebabkan gagal ginjal. (*Aflaha Rizal Bahtiar)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI