Beauty

Jadi Penyebab Masih Sudah Punya Uban, Hindari 6 Kebiasaan Ini

Masih mudah sudah punya ubah? Ada beberapa kebiasaan yang tenyata bisa jadi penyebabnya.

Rima Sekarani Imamun Nissa

Masalah rambut rontok. (Shutterstock)
Masalah rambut rontok. (Shutterstock)

Dewiku.com - Tak harus jadi kakek atau nenek dulu untuk memiliki rambut beruban kini. Sekarang, banyak juga anak muda yang sudah punya uban. Mengapa bisa begitu?

Ternyata, kebiasaan sehari-hari bisa memengaruhi munculnya uban lebih cepat. Apa saja kebiasaan itu? Dilansir dari Times of India, berikut uraiannya.

Stres

Stres merupakan kondisi umum yang dialami setiap orang. Namun, stres kronis bisa menyebabkan masalah seperti insomnia, kecemasan, dan perubahan nafsu makan yang kemudian memicu masalah rambut.

Stres bisa sangat memengaruhi kondisi rambut dan mengakibatkan munculnya uban prematur. Jika rambut berubanmudisebabkan oleh stres, cobalah bermeditasi dan lakukan aktivitas yang dapat membantumu rileks.

Ilustrasi sedih setelah kena marah bos saat bekerja. (Pixabay/Concord90)
Ilustrasi stres karena pekerjaan. (Pixabay/Concord90)

Tak melembapkan rambut

Melembapkan rambut bisa membantu mengatur produksi sebum dan mencegah kulit kepala menjadi kering dan gatal. Memijat kulit kepala dengan minyak hangat dapat meningkatkan sirkulasi darah dan menjaga kesehatan rambut. Jika dilakukan secara teratur, juga dapat mengurangi uban dini pada rambut.

Terlalu banyak paparan sinar matahari

Menghabiskan terlalu banyak waktu di bawah sinar matahari juga bisa menjadi salah satu penyebab utama di balik rambut beruban prematur. Sinar UV yang dihasilkan dari matahari bukan cuma buruk bagi kulit, tapi juga untuk rambut.

Oleh karenanya, berada di bawah sinar matahari dalam waktu lama dapat merusak rambut dan kulit kepala yang mengakibatkan rambut kering dan beruban. Pastikan kamu membawa payung atau syal untuk melindungi rambut dari paparan sinar matahari yang berlebihan.

Merokok

Merokok juga termasuk penyebab utama rambut beruban prematur. Nyatanya, kebiasaan ini tidak hanya berbahaya bagi paru-paru, tetapi juga rambut. Racun dalam rokok dapat merusak folikel rambut dan mengakibatkan rambut beruban.

Ilustrasi menggunakan kondisioner untuk perawatan rambut. (Shutterstock)
Ilustrasi menggunakan kondisioner untuk perawatan rambut. (Shutterstock)

Bahan kimia dalam produk rambut

Kamu yang gemar menata rambut harus tahu bahwa paparan bahan kimia seperti pewarna rambut dan produk lainnya, bisa menyebabkan kerusakan pada rambut. Pada akhirnya, itu juga bisa menyebabkan rambut beruban.

Kesalahan diet

Makanan yang dikonsumsi mempengaruhi tubuh secara langsung. Kekurangan vitamin dan nutrisi penting dalam makanan pun bisa mempengaruhi kesehatan rambut.

Oleh karenanya, penting mengonsumsi air dalam jumlah yang cukup dan diet seimbang yang penuh dengan vitamin dan mineral untuk kesehatan rambut yang lebih baik. (*Vania Rossa)

Berita Terkait

Berita Terkini