Beauty

Prediksi Tren Kecantikan 2022, 10 Bahan Alami Skincare yang Semakin Populer

Ada berbagai bahan alami dalam skincare yang diprediksi jadi tren pada 2022 nanti.

Rima Sekarani Imamun Nissa

Menggunakan sheet mask untuk perawatan wajah. (Shutterstock)
Menggunakan sheet mask untuk perawatan wajah. (Shutterstock)

Dewiku.com - Dewasa ini, semakin banyak orang beralih ke perawatan kulit alami. Skincare dengan bahan alami pun kian diminati. Salah satu yang lagi naik daun adalah bakuchiol, ekstrak biji dan daun dari tumbuhan asli India, Psoralea corylifolia atau babchi.

Tidak cuma bakuchiol, sederet bahan alami lainnya juga mulai dilirik sebagai ingredient berbagai produk kecantikan.

Dilansir dari laman WWD, data-data dan laporan dari produsen kecantikan terbaru menunjukkan adanya pengalihan pola pembelian konsumen ke bahan-bahan alami yang bisa saja mengarah pada proyeksi tren produk kecantikan tahun 2022.

Menurut penelitian terbaru dari Trendalytics, bahan utama produk kecantikan untuk tahun 2022 sebagian besar condong ke produk dari alam.

Ilustrasi perempuan melakukan perawatan wajah di rumah. (Pexels/Sora Shimazaki)
Ilustrasi perempuan melakukan perawatan wajah di rumah. (Pexels/Sora Shimazaki)

"Kami terus melihat kaburnya batas antara industri makanan dan kesehatan, kesehatan dan perawatan kulit," ungkap Sarah Barnes, manajer pemasaran konten di Trendalytics.

Menurut dia, sejumlah jenama dari bidang-bidang itu seperti memiliki bias cabang. Misalnya saja produk perawatan kulit tapi merangkap produk kesehatan.

"Produk-produk ini bercabang untuk menciptakan lebih banyak pendekatan gaya hidup," imbuh Barnes.

Memang, beberapa bahan alami dalam skincare, seperti probiotik, bakuchiol, atau ceri, bukan bahan baru dalam produk perawatan kulit. Namun, kini mereka menjadi kian populer, terlebih dengan semakin banyaknya konten TikTok yang mempopulerkan beauty hack dengan bahan-bahan alami tersebut.

"Ide tentang 'beauty hack' memang sangat populer di TikTok, orang-orang mengatakan semprotan garam laut adalah obat ajaib untuk jerawat, dan klorofil adalah bahan ampuh untuk kulit bermasalah," ujar Barnes.

Tahun 2020, data dari Trendalytics menunjukkan adanya ledakan tren produk-produk seperti vitamin C, vitamin A, elderberry, dan bahan alami lainnya yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh serta memperkuat lapisan kulit.

Kemudian untuk tahun 2022 mendatang, inilah 10 bahan alami teratas yang diprediksi bakal menjadi tren, berdasarkan data Trendalytics.

  1. Klorofil
  2. Postbiotik
  3. Pyrrolidone Carboxylic Acid
  4. Bakuchiol
  5. Winter Cherry
  6. Abu Vulkanik
  7. Makgeolli
  8. Tulip
  9. CBD (Cannabidiol) atau ganja
  10. Probiotik

(*Vania Rossa)

Berita Terkait

Berita Terkini