Biar Awet Muda, Berikut 5 Rahasia Perawatan Kulit Perempuan India

Penasaran dengan rahasia perawatan kulit perempuan India?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 20 Agustus 2021 icon 16:30 WIB
Biar Awet Muda, Berikut 5 Rahasia Perawatan Kulit Perempuan India

Aishwarya Rai (Miss World 1994). (Instagram/@aishwaryaraibachchan_arb)

Perempuan India dikenal punya kecantikan yang khas. Beberapa bahkan menyandang gelar perempuan tercantik di dunia karena memenangkan kontes kecantikan dunia, seperti Miss World dan Miss Universe. Kira-kira, apa rahasia di balik kecantikan perempuan India?

Ternyata, salah satu rahasia cantik perempuan India adalah perawatan kulit dengan bahan alami. India sendiri dikenal kaya rempah berkhasiat. Melansir Bright Side, berikut rahasia perawatan kulit perempuan India menggunakan bahan alami.

Kunyit untuk kulit yang lebih cerah

Baca Juga: Prediksi Tren Kecantikan 2022, 10 Bahan Alami Skincare yang Semakin Populer

Aishwarya Rai Bachchan, Miss World 1994, tampak memukau di usia 47 tahun. Rahasia kulitnya yang bercahaya adalah aplikasi pasta yang terbuat dari tepung buncis, krim susu, dan sejumput kunyit secara teratur.

Aishwarya Rai. (Instagram/@aishwaryaraibachchan_arb)
Aishwarya Rai. (Instagram/@aishwaryaraibachchan_arb)

Penelitian telah menghubungkan senyawa aktif kunyit, kurkumin, dengan banyak manfaat bagi kulit. Curcumin bisa membantu dalam penyembuhan dan pertumbuhan kolagen, juga sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang mencegah penuaan. Walau begitu, jangan gunakan terlalu banyak karena bisa membuat kulit menjadi berwarna kuning.

Madu untuk mengatasi kulit kusam

Baca Juga: Usung Nilai Keberagaman, Inklusivitas Produk Kecantikan Lokal Meningkat

Padma Lakshmi, model, penulis, dan pembawa acara masak, tahun ini berusia 50 tahun. Namun, usia itu sama sekali tak tampak dalam penampilannya. Menurut dia, rahasia kulit mulusnya adalah madu. Tipsnya adalah mengoleskan madu pada wajah dan leher yang bersih, dan menepuk-nepuknya ke kulit.

Madu punya banyak khasiat penyembuhan kulit dan dapat membantu mengurangi jerawat dan peradangan. Madu juga dapat mempercepat penyembuhan dan perbaikan sel. Madu juga mengatasi kulit kusam dari kulit yang lelah menjadi lebih terlihat segar.

Bubuk kayu cendana (sandalwood) bisa menghentikan pertumbuhan sel yang tidak diinginkan

Kareena Kapoor Khan adalah seorang aktris India yang kini berusia 40 tahun. Ia punya kulit yang awet muda. Diakuinya, ini berkat perawatan kulit buatan sendiri yang kerap dilakukannya, yakni masker yang terbuat dari dua sendok makan bubuk sandalwood, dua tetes minyak vitamin E, dan sejumput kunyit.

Kareena Kapoor. (Instagram/@therealkareenakapoor)
Kareena Kapoor. (Instagram/@therealkareenakapoor)

Kalau ingin lebih terhidrasi, kamu bisa mencampurkan bubuk sandalwood dengan madu. Namun jika butuh masker untuk kulit berminyak, campurkan bubuk sandalwood dengan air mawar dan sejumput kunyit.

Sandalwood mempunyai banyak khasiat, di antaranya anti-inflamasi dan anti-mikroba, serta menghentikan pertumbuhan sel-sel yang tidak diinginkan. Ini juga bisa mengurangi pigmentasi akibat sinar matahari, dan menjaga kulit tetap bersinar. Selain itu, baunya sangat harum.

Minyak kelapa sebagai pelembab yang sangat baik

Freida Pinto, model Bollywood yang hijrah ke Hollywood, mempunyai kulit yang semakin cerah di usianya yang ke-36. Freida percaya bahwa kunci untuk kulit yang baik adalah hidrasi dan pelembap. Pada hari-hari yang sangat kering, ia mengoleskan minyak kelapa pada malam sebelumnya. Itu membuat kulitnya terasa lembap dan kenyal di pagi hari.

Penelitian telah menunjukkan bahwa minyak kelapa bisa membunuh mikroba, menyembuhkan luka dan bekas luka, mengurangi peradangan, dan menjaga kulit tetap terhidrasi. Plus, ia juga mempunyai sifat tabir surya, walau tak bisa menggantikan tabir surya harian yang digunakan sehari-hari.

Pesta lajang Priyanka Chopra di Amsterdam. (Instagram/@priyankachopra)
Pesta lajang Priyanka Chopra di Amsterdam. (Instagram/@priyankachopra)

Yogurt untuk mencerahkan kulit

Miss World 2000, Priyanka Chopra Jonas, tampil sempurna di usia 39 tahun. Ia yakin bahwa rahasia kulit cantiknya adalah masker scrub buatan sendiri yang disebut ubtans. Scrub ini mengeksfoliasi kulit dan juga menghilangkan bulu-bulu halus di wajah dan leher.

Dia mencampur secangkir tepung gandum dengan sejumput kunyit, beberapa tetes jus lemon, dan air mawar, dengan yogurt full-cream secukupnya untuk membentuk pasta. Dia kemudan mengoleskannya ke kulit dan membiarkannya kering sebelum menggosoknya perlahan.

Baca Juga: Perawatan Wajah ala Negeri Sakura, Coba Metode Chizu Saeki yuk!

Masker wajah yogurt mempunyai banyak efek pada kulit, termasuk mencerahkan dan mengencangkannya. Asam laktat dalam yogurt dan produk susu lainnya membantu mengurangi garis-garis halus, kerutan, dan peradangan. Air perasan lemon juga dapat membantu mencerahkan kulit, asalkan digunakan dalam jumlah medium. (*Vania Rossa)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI