Begini Cara Merawat Rambut Sambung, Bikin Hair Extension Lebih Tahan Lama

Berikut beberapa tips agar hasil hair extention bisa tahan lama. Yuk, simak!

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 06 Februari 2022 icon 21:25 WIB
Begini Cara Merawat Rambut Sambung, Bikin Hair Extension Lebih Tahan Lama

Ilustrasi wanita berambut panjang. (Pixabay/Free-Photos)

Tak hanya solusi untuk memiliki rambut panjang secara instan, hair extension atau sambung rambut juga bermanfaat membuat rambut tampak lebih tebal. Sayangnya, masih banyak orang yang tidak tahu cara merawat rambut sambung.

Walau rambut sambung tidak tumbuh dari kulit kepala, kamu tetap harus merawatnya sama seperti halnya rambut asli. Kalau tidak, rambut sambung bisa cepat rusak dan ujung-ujungnya adalah membuang-buang uang yang sudah kamu keluarkan.

Bagaimana cara merawat rambut sambung? Dilansir dari Times of India, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Biar Pacar Ganteng Maksimal, Beritahu Pasangan Cara Pakai Pomade yang Benar

Ilustrasi menggunakan kondisioner untuk perawatan rambut. (Shutterstock)
Ilustrasi menggunakan kondisioner untuk perawatan rambut. (Shutterstock)

Cuci rambut sambung dengan benar

Ketika keramas atau mencuci rambut, pastikan untuk memusatkan sampo pada bagian akar rambut untuk menghilangkan minyak berlebih. Setelah itu, usapkan kondisioner di bagian ujung rambut untuk menyehatkannya. Hindari mengaplikasikan kondisioner di dekat akar rambut karena bisa menyebabkan rambut sambung lepas akibat efek licin.

Saat keramas, gunakan air hangat. Jangan pakai air panas yang akan menguras minyak alami dari rambut dan kulit kepala. Soal sampo dan kondisioner, pilihlah produk yang memang direkomendasikan untuk hair extension.

Baca Juga: Curhat Wanita Akhirnya Pede Punya Rambut Keriting, Dulu Disuruh Smoothing

Jangan pernah tidur dengan rambut basah

Pastikan untuk selalu mengeringkan rambut sebelum tidur, terlebih jika kamu punya rambut sambung. Rambut basah sangat rentan rontok. Kamu tidak mau rambut sambungmu tiba-tiba lepas di pagi hari, kan?

Sikat rambut sambung dengan hati-hati

Rambut sambung juga bisa kusut sehingga perlu disisir. Namun, jangan menyikat rambut sambung terlalu keras hingga menyebabkan helainya rontok. Ikatan rambut sambung bisa saja menjadi longgar jika kamu tidak berhati-hati.

Gunakan sikat rambut berkualitas tinggi. Sikat rambut mulai dari bagian bawah menuju ke bagian akar rambut. Prosedur ini akan mengurangi ketegangan pada rambut dan kulit kepalamu. Semakin sering menyikat rambut, akan semakin baik selama dilakukan denagn lembut. Sikatlah rambut di pagi hari, sebelum tidur, sebelum mandi, serta setelah mandi.

Perawatan rambut. (Shutterstock)
Perawatan rambut. (Shutterstock)

Perawatan rutin setiap minggu

Walau kulit kepalamu termasuk tipe berminyak, rambut sambung tidak terhubung ke akar sehingga tidak akan memperoleh minyak alami ini. Jadi supaya rambut sambung tetap lembap, halus, dan berkilau, jadwalkan perawatan untuk melembapkan batang rambut setiap minggu.

Kurangi penggunaan hair dryer atau catok

Baca Juga: Harus Menabung Setahun sebelum ke Salon, Perjuangan Wanita Ini Tuai Pujian

Terlalu sering terpapar panas bisa membuat rambut sambung menjadi rusak, seperti rapuh dan bercabang. Jika sudah rusak seperti ini, kamu tidak punya pilihan selain melakukan hair extension baru.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI