Ternyata Ini 6 Manfaat Tidur Cantik, Bisa Bikin Awet Muda

Apa saja manfaat tidur cantik?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 24 Maret 2022 icon 19:08 WIB
Ternyata Ini 6 Manfaat Tidur Cantik, Bisa Bikin Awet Muda

Ilustrasi tidur. (Unsplash/Wes Hicks)

Istilah tidur cantik bisa jadi sudah sering kamu dengar. Pada dasarnya, itu adalah penyebutan untuk tidur nyenyak di mana tubuh bakal menyembuhkan diri sendiri setelah kamu melalui hari yang panjang.

Penting bagimu untuk mendapatkan tidur yang cukup, yaitu sekitar 7-9 jam setiap malam. Tidur kurang dari 6 jam semalam kemungkinan akan memengaruhi penampilan fisik.

Jadi, apa saja manfaat tidur cantik itu? Dirangkum dari Boldsky, berikut ulasannya.

Baca Juga: 5 Zodiak Hobi Tidur, Bisa Betah Banget Molor Sepanjang Hari

Tidur menyamping. (Unsplash/Kinga)
Tidur menyamping. (Unsplash/Kinga)

Kamu bangun dengan mata yang lebih cerah tidak bengkak

Mata bengkak bisa terjadi kalau kamu tidak cukup istirahat. Ini adalah efek meningkatnya kadar kortisol ketika stres. Tidur yang cukup dan berkualitas bisa menjadi salah satu solusinya.

Kulit tampak lebih muda dan bercahaya

Baca Juga: Mengapa Kita Bisa Bermimpi saat Tidur? Berikut Penjelasannya

Ketika tidur, kulit sibuk melakukan regenerasi. Penelitian menunjukkan bahwa sel-sel kulit baru tumbuh lebih cepat saat kamu tidur. Jadi, manfaatkan hal ini dengan membersihkan kulit sebelum tidur dan menggunakan produk skincare yang tepat supaya kamu bangun dengan kulit lebih sehat.

Mengurangi kerutan dan tanda-tanda penuaan

Tidur tepat waktu disebut dapat membantu mengurangi kerutan dan tanda-tanda penuaan lainnya. Para ahli menyarankan kamu tidur telentang. Posisi itu meminimalisir tekanan berulang pada kulit yang dapat menyebabkan munculnya kerutan.

Memberimu penampilan yang jauh lebih sehat dan bahagia

Saat kamu kurang tidur, kamu biasanya akan tampak lebih sedih atau lelah. Kondisinya bakal berbeda kalau kamu mempunyai waktu yang cukup untuk istirahat di malam hari.

Produk perawatan kulit bisa bekerja optimal

Konsistensi aliran darah ketika tidur cantik di malam hari juga memungkinkan kulit mendapatkan manfaat dari bahan-bahan yang terkandung dalam produk kecantikan kamu. Gunakan skincare andalan kamu sebelum tidur dan minum banyak air di siang hari untuk menjaga kulit tetap terhidrasi.

Menjaga kesehatan rambut

Kurang tidur bisa menyebabkan rambut rontok, patah, rusak, dan bahkan pertumbuhan terhambat. Folikel rambut, tempat pertumbuhan rambut dimulai, mendapatkan nutrisi, vitamin, dan mineral dari aliran darah. Nah, saat aliran darah berkurang karena kurang tidur, rambut akan mendapat lebih sedikit nutrisi.

Baca Juga: Wanita Ini Disebut Tidak Tidur 40 Tahun, Begini Kisah Uniknya

Itulah berbagai manfaat tidur cantik untuk perawatan kulit. Tidur yang berkualitas pada dasarnya memang baik untuk kesehatan tubuh, kan?

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI