Simpel! 5 Cara Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut saat Cuaca Panas

Di tengah cuaca panas, begini cara menjaga kesehatan kulit dan rambut. Yuk, simak!

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 04 April 2022 icon 14:21 WIB
Simpel! 5 Cara Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut saat Cuaca Panas

Ilustrasi wanita berambut panjang. (Pixabay/Free-Photos)

Di tengah musim panas, rambut biasanya jadi lebih sensitif dan rentan rusak. Oleh karenanya, penting untuk bisa terus merawat rambut agar tetap sehat. Jika kamu adalah tipe orang yang punya rutinitas cukup padat, terlebih di luar ruangan, kadang sampo saja tidak cukup. 

Di sisi lain, kulit juga butuh perhatian lebih. Nah, dirangkum dari Healthshots, berikut beberapa tips agar kulit dan rambut tetap sehat. 

Gunakan Tabir Surya

Baca Juga: Wanita Ini Minta Tolong Pacar Mengecat Rambut Biar Hemat, Endingnya Malah Begini

Melindungi kulit dengan tabir surya. (Shutterstock)
Melindungi kulit dengan tabir surya. (Shutterstock)

Paparan sinar UV matahari yang terlalu berlebihan bisa menyebabkan kulit rambut terbakar. Bahkan, kondisi ini dapat menembus lapisan luar kulit sehingga rentan memicu kerusakan dan membunuh sel kulit rambut.

"Gunakan krim tabir surya dengan bahan-bahan seperti raspberry merah yang dapat membantu melindungi kulit dari sinar UV, mencegah beberapa masalah kulit pada peradangan, dan jerawat," ujar ahli perawatan kulit, Namrata Reddy.

Pelembap Kulit Rambut

Baca Juga: Pria Ini Bagikan Pengalaman Potong Rambut Tak Sesuai Harapan, Kisahnya Malah Bikin Mewek

Pelembap bisa membantu melindungi kulit dan rambut selama musim panas. Coba gunakan pelembap yang berasal dari minyak biji rami karena dapat membantu mengunci kelembapan alami kulit serta mencegah produksi minyak berlebih.

Ubah Pola Makan

Pola makan yang lebih sehat juga penting, misalnya dengan memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran.

"Kedua makanan ini tentu mengandung vitamin, nutrisi, dan antioksidan penting untuk meningkatkan produksi kolagen, mengurangi peradangan, serta melindungi kulit dari sinar matahari," jelas Namrata Reddy.

Ilustrasi Rambut Panjang (Pexels/Element5)
Ilustrasi Rambut Panjang (Pexels/Element5)

Gunakan Krim Khusus Rambut

Sinar UVA dan UVB bisa merusak lapisan luar helai rambut. Dikenal sebagai kutikula, ini menyebabkan rambut menjadi kusam dan gampang patah.

Cara sederhana untuk mencegahnya adalah menggunakan krim rambut dengan bahan minyak argan dan peppermint. Tentunya, bahan ini bisa melindungi rambut dari kerusakan UV, melembapkan kulit kepala, serta meningkatkan kekuatan rambut.

Oleskan Sampo Bergizi

Baca Juga: Jarang yang Tahu, Ini 4 Manfaat Minyak Wortel untuk Perawatan Rambut

Sebagian sampo cair yang dijual di pasaran, mengandung banyak bahan kimia yang bisa merusak rambutmu. Nah, ada baiknya gunakan sampo dengan bahan arang aktif.  Hal tersebut karena kandungan bisa membantu membersihkan kulit dari kotoran, memperkuat folikel, serta melindungi surai rambut dari terik matahari.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI