Beauty

6 Tips Memilih Krim Penghilang Bekas Jerawat, Jangan Asal Pakai Produk Viral

Apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih krim penghilang bekas jerawat agar tidak berujung menyesal?

Rima Sekarani Imamun Nissa

Ilustrasi wajah berjerawat. (Pixabay/Joseph Mucira)
Ilustrasi wajah berjerawat. (Pixabay/Joseph Mucira)

Dewiku.com - Banyak orang mendambakan kulit bersih, sehat, dan bebas bekas jerawat. Sayangnya, mengatasi bekas jerawat sering kali bikin geregetan sendiri, misalnya saat memilih krim penghilang bekas jerawat yang tepat. 

Tips Memilih Krim Penghilang Bekas Jerawat

Merangkum dari laman Healthline dan Everyday Health, inilah beberapa tips yang dapat Anda lakukan ketika memilih krim penghilang bekas jerawat.

1. Perhatikan bahan aktif

Jangan abaikan pentingnya membaca label produk yang Anda beli. Perhatikan baik-baik apa saja bahan aktif yang terkandung dalam krim tersebut.

Beberapa bahan yang kerap digunakan untuk mengatasi bekas jerawat adalah asam glikolat, asam salisilat, retinol, vitamin C, dan niacinamide.

Setiap bahan punya manfaat dan mekanisme kerja yang berbeda untuk membantu mengurangi bekas jerawat. Pilihlah produk dengan kandungan bahan yang sesuai kondisi kulit Anda.

2. Sesuaikan jenis kulit

Selalu pilih produk yang sesuai dengan kondisi dan jenis kulit Anda. Jika Anda punya tipe kulit berminyak, pilihlah krim yang ringan dan tak berpotensi menyumbat pori-pori. Pemilik kulit kering sebaiknya memilih krim yang lebih melembapkan dan mengandung bahan pelembap.

3. Cek ulasan produk

Tips memilih krim penghilang bekas jerawat berikutnya adalah membaca ulasan dari pengguna lain. Cari informasi tentang efektivitas produk, reaksi kulit yang mungkin terjadi, dan hasil yang dirasakan orang lain.

Walau begitu, tetap ingat bahwa kondisi kulit setiap orang berbeda-beda. Oleh karenanya, apa yang berhasil pada orang lain belum tentu cocok untuk Anda.

4. Hindari bahan berbahaya

Jangan pakai krim yang mengandung bahan berbahaya, seperti merkuri atau hidroquinon. Kandungan tersebut bisa menyebabkan iritasi kulit, bahkan masalah kesehatan jangka panjang.

5. Konsultasikan dengan ahli

Kalau punya masalah kulit tertentu atau sedang menjalani perawatan jerawat lainnya, lebih baik berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum menggunakan krim penghilang bekas jerawat.

Dokter kulit dapat memberikan rekomendasi yang lebih spesifik, tentunya sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.

6. Sabar dan konsisten

Mengatasi bekas jerawat tidak bisa dilakukan hanya dalam semalam. Jadi, bersabarlah dan gunakan krim dengan konsisten sesuai petunjuk penggunaan.

Pada beberapa kasus, butuh waktu beberapa minggu atau bahkan hitungan bulan untuk mendapat hasil optimal.

Berita Terkait

Berita Terkini