Tingkatkan Brand Awareness, 5 Tips Memaksimalkan Konten Live Stream untuk Pelaku UMKM

Semakin banyak pelaku UMKM yang memanfaatkan media sosial sebagai saluran promosi produk mereka.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 17 November 2023 icon 16:30 WIB
Tingkatkan Brand Awareness, 5 Tips Memaksimalkan Konten Live Stream untuk Pelaku UMKM

Ilustrasi memprosikan produk melalui live streaming. (Freepik/DCStudio)

Pelaku UMKM dituntut terus berinovasi untuk meningkatkan penjualan produk. Salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah memanfaatkan media sosial sebagai saluran promosi dan meningkatkan brand awareness.

Satu dari banyaknya platform media sosial yang gencar dimanfaatkan pelaku UMKM adalah platform video pendek SnackVideo. Konten video pendek yang kreatif bisa menjangkau lebih banyak orang dan berujung pada peningkatan penjualan produk maupun jasa.

"Jika UMKM dapat memanfaatkannya dengan tepat melalui konten-konten yang informatif dan menarik mengenai produknya, maka promosi melalui video pendek di SnackVideo akan menjadi semakin efektif. Terutama dalam menarik perhatian dan menumbuhkan curiosity konsumen terhadap produk maupun jasa. Karena itu, kami mendukung para UMKM di Indonesia untuk terus aktif dan bersemangat dalam mengembangkan kreativitas dan membuat konten video pendek yang menarik, sehingga bisa trending dan ditonton oleh banyak orang," ungkap Dina Bhirawa, selaku Head of Marketing SnackVideo Indonesia, dikutip dari siaran pers yang diterima Dewiku.com, Jumat (17/11/2023).

Baca Juga: Efektif Promosikan Produk, Jumlah UMKM yang Gabung di SnackVideo Meningkat Pesat

Salah satu strategi berwirausaha yang sedang tren adalah live streaming. Tak hanya untuk meningkatkan kunjungan konsumen secara online, metode ini juga dapat menjadi media membangun komunikasi dengan konsumen potensial melalui fitur live chat. 

Ilustrasi memprosikan produk melalui live streaming. (Freepik/DCStudio)
Ilustrasi memprosikan produk melalui live streaming. (Freepik/DCStudio)

Saat mempersiapkan live streaming di SnackVideo, pelaku UMKM sebaiknya memperhatikan hal-hal berikut.

Menentukan jenis konten yang ingin dilakukan

Baca Juga: Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki Apresiasi Peluncuran "Pasar Lokal Suara UMKM"

Jenisnya bisa berupa chit chat atau obrolan, langkah-langkah penggunaan produk, games & challenge, mukbang, menari, atau bernyanyi. Jika live streaming untuk mempromosikan produk, sertakan juga informasi pembelian produk yang bisa dipilih penonton.

Pilih waktu yang tepat untuk melakukan live streaming

Perhatikan demografi dari pengguna yang menjadi sasaran. Informasikan terlebih dahulu jadwal live streaming serta host yang akan memandu acara agar tidak terlewat.

Pemilihan host yang tepat

Pilih host yang terlihat menarik dengan penampilan menarik serta mengenakan pakaian sopan dan rapi. Hindari penampilan host yang seksi dan vulgar.

Host bersikap ramah dan bersahabat dengan para penontonnya

Jangan lupa ucapkan salam dan menyapa penonton, terutama mereka yang sudah rutin menonton live streaming. Lakukan interaksi dengan membaca dan merespons komentar penonton, utamanya yang berkaitan dengan informasi produk. Jangan lupa ucapkan terima kasih saat ada penonton yang memberikan gift.

Persiapkan setting dan perlengkapan

Live streaming sebaiknya dilakukan di ruangan yang tenang sehingga host merasa nyaman dalam bekerja. Pastikan perlengkapan berfungsi dengan baik. Atur jarak duduk host serta pencahayaannya sehingga wajah host bisa terlihat dengan jelas tapi tidak memenuhi layar ponsel.

Baca Juga: Ingin Ikut UMKM Idol? Begini Cara Daftarnya

"Memahami cara-cara yang benar dalam melaksanakan live streaming juga diperlukan agar informasi yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh target konsumen," ujar Dina.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI