Ini Manfaaat Gabung Komunitas, Bukan Cuma Dapat Teman Sefrekuensi

Banyak manfaat yang bisa didapat jika seseorang memutuskan gabung komunitas.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 05 Januari 2024 icon 12:00 WIB
Ini Manfaaat Gabung Komunitas, Bukan Cuma Dapat Teman Sefrekuensi

Ilustrasi bersenang-senang bersama sahabat. (Unsplash/Yanapi Senaud)

Kamu mungkin senang bisa bertemu teman-teman sefrekuensi saat bergabung dalam sebuah komunitas. Namun, manfaat ikut komunitas sebenarnya lebih dari itu.

Edukator sekaligus Ahli Pendidikan Sir Kenneth Robinson mengungkapkan bahwa kreativitas seseorang bukanlah faktor tunggal. Di balik kesuksesan orang kreatif, terdapat faktor lain berupa kerja komunitas dan pemikiran visioner.

"Kreativitas adalah proses punya ide orisinal dan bernilai. Sering juga kreativitas muncul lewat interaksi berbagai disiplin ilmu dalam memandang sesuatu," ucap Sir Kenneth Robinson melansir The Creative Revolution, dikutip dari Suara.com.

Baca Juga: Nggak Cuma Raih Peluang Bisnis, Peserta juga Bisa Ketemu Jodoh di Single Chinese Gathering 2023

Chief Operatin Officer (COO) SellOne, John Kim, juga berpendapatkan bahwa komunitas bisa mendorong para anggotanya mencoba dan mengeksplorasi beragam ide kreatif sehingga nantinya dapat berkolaborasi dalam sebuah proyek kreatif.

Lalu, apa saja manfaat komunitas untuk industri kreatif? Berikut beberapa di antaranya.

1. Menambah Interaksi Langsung Manusia

Baca Juga: 7 Tanda Seseorang Ternyata Lebih Baik Jadi Teman Saja, Jangan Dipaksa Harus Jadian

Memperbanyak interaksi antar manusia dipercaya dapat mengasah kreativitas. Pasalnya, komunitas lebih dari sekedar kelompok. Komunitas bakal membuat komunikasi lebih dinamis, misalnya menghidupkan ide yang penuh semangat.

2. Menciptakan Kolaborasi

Kolaborasi adalah sumber kreativitas. Seseorang bisa menjadi lebih kreatif lantaran mendapatkan pengetahuan yang baru dan segar dari komunitasnya. Wawasan menjadi semakin luas dan memunculkan ide kreatif yang tidak terbatas.

Komunitas juga membuat kreativitas lebih bisa dihargai. Efek positifnya, seseorang tidak akan malu-malu lagi untuk mengeluarkan ide. Komunitas bahkan bisa membuat orang semakin inovatif karena lebih percaya diri menunjukan bakat dan kemampuan yang dimiliki.

3. Membawa Perubahan di Sekitar

Pada zaman yang serba digital, tentu saja semakin dimudahkan untuk bekerja sama antar komunitas. Terlebih, saat ini sudah ada aplikasi komunitas seperti SellOn dengan fitur Club yang diklaim John membuat kegiatan kolaborasi menjadi lebih seru.

Baca Juga: Milad Ke-5 Tahun Komunitas Ukhtina, Jalin Ukhuwah dan Berbagi, Indahnya!

"Pengguna bisa mengumpulkan poin dengan menjalankan misi harian, seperti berbagi informasi menarik dan berinteraksi (misalnya, menyukai atau mengomentari unggahan), serta bermain gim seru," tandasnya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI