Ayu Ting Ting Bakal Jadi Ibu Persit, Ini Tugas Pentingnya Nanti

Ini tugas yang mesti dilakukan Ayu Ting Ting setelah menikah dengan Muhammad Fardana.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 11 Februari 2024 icon 17:15 WIB
Ayu Ting Ting Bakal Jadi Ibu Persit, Ini Tugas Pentingnya Nanti

Ayu Ting Ting bertunangan. (Instagram)

Ayu Ting Ting resmi dilamar seorang anggota TNI AD bernama Muhammad Fardana. Artinya, pelantun "Alamat" palsu itu menjadi calon ibu Persit Kartika Chandra Kirana, sebutan untuk persatuan istri tentara.

Perempuan yang dinikahi anggota TNI AD secara otomatis akan bergabung dengan organisasi Persit Kartika Chandra Kirana, tak terkecuali Ayu Ting Ting nantinya. Para istri tentara bisa mengembangkan potensi dirinya melalui berbagai aktivitas di organisasi tersebut.

Saat menjadi ibu Persit, apa saja tugas yang dimiliki Ayu Ting Ting? 

Baca Juga: Ini Lokasi Acara Tunangan Ayu Ting Ting, Ternyata Resor di Kaki Gunung Salak

Dilansir dari laman Persit Pusat, lahirnya organisasi ini didorong oleh kesadaran di kalangan istri prajurit sebagai pendamping suami yang sedang berjuang menegakkan dan mempertahankan proklamasi kemerdekaan bangsanya. Berikut beberapa peran dan tugasnya:

  • Menghayati dan mengamalkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.
  • Membantu Kepala Staf TNI Angkatan Darat dalam pembinaan istri prajurit dan keluarganya, khususnya secara mental, fisik, kesejahteraan, dan moril sampai dapat berpengaruh terhadap keberhasilan tugas prajurit.
  • Mendukung kebijaksanaan pemimpin TNI dengan membina dan mengarahkan perjuangan istri anggota TNI Angkatan Darat, menciptakan rasa persaudaraan dan kekeluargaan, rasa persatuan dan kesatuan serta kesadaran nasional.

Sejarah Organisasi Persit Kartika Chandra Kirana

Persit Kartika Chandra Kirana berawal dari pembentukan Persatuan Kaum Ibu Tentara (PKIT). Pendirian organisasi ini dijiwai semangat dan cita-cita lahir di tengah-tengah perjuangan bangsa Indonesia untuk meraih kemerdekaan.

Baca Juga: Makna Bunga Baby Breath dan Anggrek Putih yang Dipegang Ayu Ting Ting di Momen Lamaran

Organisasi PKIT didirikan oleh Ratu Aminah di Purwakarta, Jawa Barat, pada 3 April 1946. Itulah mengapa 3 April diperingati sebagai hari jadi Persit Kartika Chandra Kirana. 

Setahun berselang, kegiatan para istri prajurit antara lain menjahit, membuat tanda-tanda pangkat pejuang, juru rawat dalam Palang Merah Indonesia, memberi perawatan dan pertolongan para pejuang yang mengalami luka atau bahkan gugur di medan bakti, serta menyelidiki kekuatan dan lokasi musuh.

Baca Juga: 4 Tas Branded Ayu Ting Ting, Mewahnya Hermes Selalu di Hati

Tahun 1962, ditetapkan hymne dan mars Persit Kartika Chandra Kirana yang diciptakan A. Tampubolon. Pada 1967, lambang Persit Kartika Chandra Kirana yang merupakan hasil karya Mayor Caj Tranggono pun ditetapkan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI