5 Seleb Ini Nyoblos Duluan di Luar Negeri, Salah Satunya Ivan Gunawan

Beberapa selebritas menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024 lewat pemungutan suara di luar negeri.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 12 Februari 2024 icon 12:00 WIB
5 Seleb Ini Nyoblos Duluan di Luar Negeri, Salah Satunya Ivan Gunawan

Ivan Gunawan (Instagram/ivan_gunawan)

Pemilu 2024 akan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia pada 14 Februari mendatang. Namun, warga negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri sudah menggunakan memakai hak suara mereka terlebih dahulu.

Pemungutan suara dilakukan di kota-kota yang sudah diumumkan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di setiap negara. Berdasarkan Peraturan KPU, WNI di luar negeri cuma bisa memberikan suara untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta anggota DPR dapil Jakarta II. Ini karena mereka di bawah naungan Kementerian Luar Negeri yang kantornya berada di kawasan Jakarta Pusat atau masuk wilayah Dapil II Jakarta.

Pemilu 2024 di luar negeri dilaksanakan lebih dulu. Walau demikian, proses penghitungan dan rekapitulasi suara akan tetap dilakukan bersamaan dengan tahapan di dalam negeri.

Baca Juga: Gaya Ivan Gunawan Pamer Tas Hermes Rp1,3 Miliar, Auranya Tetap Macho

1. Ivan Gunawan

Tahun ini, ada beberapa selebritas yang menggunakan hak pilih mereka di luar negeri. Salah satunya Ivan Gunawan yang baru-baru ini pamer jari kelingking tercelup tinta ungu

Rupanya Ivan Gunawan mencoblos di Paris, Perancis. Sang desainer menggunakan hak pilihnya di luar negeri karena sedang dalam perjalanan bisnis.

Baca Juga: 5 Gaya Macho Ivan Gunawan, Bukti Nyata Pria Juga Bisa Tampil Modis

2. Acha Septriasa

Lewat unggahan Instagram, Acha Septriasa tampak pamer momen dirinya berdiri di depan TPS yang ada di Australia. Sang artis memang sudah lebih dari 7 tahun tinggal di Australia sejak menikah pada 2016. 

3. Rachel Amanda

Rachel Amanda yang kini tengah melanjutkan studi S2 di Amsterdam, Belandam juga mencoblos lebih dulu. Lewat unggahan Instagram story, dia menunjukan jari kelingkingnya yang sudah bertinta ungu.

4. Acha Sinaga

Acha Sinaga kini juga menetap di Australia sehingga mengikuti early voting di negara tersebut. Ketika datang ke TPS setempat, Acha dan suami membawa serta kedua anak mereka yang masih balita. 

5. Cinta Laura

Baca Juga: 5 Koleksi Tas Hermes Ivan Gunawan, Total Senilai Lebih dari Rp4 Miliar

Cinta Laura ternyata juga menggunakan hak pilihnya di luar negeri. Pada unggahan Instagram, Cinta Laura berbagi momen saat dirinya berada di kotak suara TPS hingga penampakan jari yang sudah dicelup tinta ungu. 

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI