Maret, Ada Lomba Lari 10K Khusus Perempuan di Solo, Daftar Yuk!

Lomba lari ini bukan adu kuat atau cepat, tapi untuk membangun gaya hidup sehat.

By: Ririn Indriani icon Selasa, 13 Februari 2024 icon 21:58 WIB
Maret, Ada Lomba Lari 10K Khusus Perempuan di Solo, Daftar Yuk!

Ilustrasi perempuan sedang olahraga lari. (Foto:Pexels)

Sahabat Dewiku yang tinggal di Solo dan sekitarnya yang hobi lari, ada lomba lari 10K khusus cewek untuk memeriahkan Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada 8 Maret 2024.

Lomba lari yang dinamakan AIA Vitality Women’s 10K ini digelar lebih dari sekadar lomba lari khusus perempuan.

Ya, lomba lari ini selain meningkatkan kesadaran tentang pentingnya gaya hidup sehat, juga telah tumbuh menjadi komunitas bagi perempuan untuk saling menginspirasi dan mengekspresikan diri mereka melalui olahraga lari.

Apalagi gaya hidup aktif dan sehat kini semakin menjadi perhatian, terutama bagi perempuan Indonesia.

Meski demikian, perempuan dihadapkan pada sejumlah tantangan dalam perjalanan menuju kesehatan yang lebih baik, termasuk kendala akses terbatas untuk beraktivitas fisik di luar ruangan dengan aman dan nyaman.

Untuk itulah lomba lari dengan pesan pemberdayaan perempuan ini hadir kembali untuk mengajak lebih banyak perempuan Indonesia untuk menjalani gaya hidup aktif.

Inspirasi bagi Perempuan Indonesia 
Perempuan yang sehat memiliki peran kunci memberikan inspirasi kepada lingkungannya untuk mengadopsi gaya hidup yang lebih sehat, mulai dari lingkungan keluarga hingga lingkup sosial.

Pada perhelatan tahun kelimanya, Women’s 10K yang menggandeng ingin menciptakan ruang berlari yang aman bagi wanita, playground untuk perempuan yang berkualitas dan bisa mudah diakses di berbagai tempat.

Mengangkat tema #RiseUpYourPlayground AIA Vitality Women’s 10K 2024 menyoroti pesan bahwa tempat dan rute lari bukan hanya sekadar jalur fisik, tetapi merupakan ‘playground’ yang memungkinkan perempuan untuk berkembang dan menunjukan potensi diri.

Perempuan dapat meningkatkan kapasitas diri di setiap sudut kota baru yang dijelajahi, menciptakan peluang untuk perkembangan dan pencapaian pribadi yang tak terbatas.

AIA Vitality Women’s 10K 2024 kali ini akan mengajak 1500 perempuan yang bersama-sama merayakan keberagaman dan inklusivitas dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional.

Dengan rute lari baru di Solo yang akan digelar pada 3 Maret 2024, dimana titik lari awalnya di Pura Mangkunegaran, gerakan ini akan menjadi perjalanan inspiratif untuk semua peserta.

Kathryn Parapak, Andien Aisyah, dan Laila Munaf saat acara talkshow "AIA Vitality Women's 10K". (Foto: Dok. AIA Vitality Women's 10K)
Kathryn Parapak, Andien Aisyah, dan Laila Munaf saat acara talkshow "AIA Vitality Women's 10K". (Foto: Dok. AIA Vitality Women's 10K)

Women’s 10K, kata Laila Munaf selaku Co-Founder dari SANA Studio dan Women’s 10K, lebih dari gerakan lari untuk perempuan.

Menurutnya, gerakan ini adalah semangat untuk meningkatkan partisipasi perempuan dalam sektor olahraga. Terutama bagi mereka yang baru memulai, kehadiran mereka krusial dalam membentuk masyarakat yang lebih sehat dan berdaya.

"Kami mengajak semua perempuan untuk merayakan keberagaman dan inklusivitas melalui Women’s 10K, menciptakan sebuah komunitas di mana perempuan saling menginspirasi dan menghargai satu sama lain. Tahun ini, kami berkeinginan untuk menginspirasi lebih banyak perempuan di Indonesia dengan menjelajahi beberapa tempat," ungkap Laila mengenai gerakan ini.

Menjaga komitmen dalam upaya misi pemberdayaan perempuan dan peningkatan kesehatan masyarakat Indonesia, Women’s 10K kembali menggandeng PT AIA Financial (AIA) melalui program health & wellness AIA Vitality.

Perusahaan asuransi jiwa tersebut mengajak perempuan di Indonesia aktif bergerak dan mengembangkan pola hidup yang lebih sehat.

Chief Marketing Officer AIA, Kathryn Parapak, menuturkan bahwa perusahaannya berkomitmen untuk membantu jutaan keluarga di Indonesia hidup lebih sehat, lebih lama, lebih baik dan AIA Vitality Women’s 10 K adalah wujud nyata dari komitmen tersebut.

Ditambah, lanjut dia, pemberdayaan perempuan juga menjadi salah satu fokus perusahaannya dalam prinsip keberlanjutan. Tidak hanya untuk di ruang kerja, tapi secara umum bagi masyarakat, perusahaan asuransi jiwa tersebut memberikan wadah dan inspirasi untuk membantu perempuan menjalankan pola hidup sehat.

"Kami berharap, AIA Vitality Women’s 10K yang akan diselenggarakan menjelang International Women’s Day ini dapat menjadi ajang yang aman dan nyaman bagi perempuan Indonesia untuk berolahraga,” jelas Kathryn.

Ajakan Bergaya Hidup Sehat Sekaligus Mendatangkan Wisatawan
Lebih lanjut ia juga menegaskan bahwa komitmen perusahaannya dalam AIA Vitality Women’s 10K berupaya meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya menjaga kesehatan melalui gaya hidup sehat.

"Ini merupakan faktor penting dalam menjaga diri agar terhindar dari risiko penyakit, terutama bagi perempuan, mengingat kaum perempuan memiliki risiko penyakit kritis seperti kanker payudara ataupun rahim," imbuh Kathryn.

Hal senada dikemukakan pula oleh public figure, Andien Aisyah. Ia mengatakan penting bagi kaum perempuan menjaga kesehatan dengan cara menerapkan pola hidup sehat.

"Olahraga buatku lebih dari sekadar menjaga diri pola hidup sehat, olahraga menjadi caraku mengekspresikan diri. Sebagai perempuan kita harus selalu aktif menjaga pola hidup sehat, agar selalu prima dan dapat menginspirasi perempuan lain," terangnya.

Dalam menjalani pola hidup sehat, lanjut Andien, kuncinya adalah dengan memulai. Mulai dari hal yang kita bisa, hal yang sederhana, seperti jalan kaki yang nantinya bila sudah terbiasa akan bisa ditingkatkan dengan berlari. "Kemudian yang tak kalah penting adalah konsistensi," imbuhnya.

Pemilihan rute pada perhelatan di tahun 2024 menjadi elemen menarik. Dengan menjelajah playground baru di Solo, kota budaya yang kaya karakter, dipilih sebagai panggung utama acara ini.

Keunikan Solo menjadi latar yang pas untuk mengajak perempuan di kota Solo dan sekitarnya untuk menjalankan gaya hidup aktif dengan berpartisipasi dalam lomba lari khusus perempuan.

Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara X, mengungkapkan dukungannya terhadap gerakan ini.

“Ini menjadi momen yang sangat luar biasa dan hal baru yang akan diangkat di kota Solo, untuk masyarakat terutama perempuan-perempuan di Kota Solo maupun di Jawa Tengah bahkan dari kota-kota lainnya," jelasnya bersemangat.

Momentum yang istimewa ini, sambung Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara X, berpotensi mendatangkan wisatawan dari berbagai penjuru di Indonesia untuk menikmati keindahan budaya dan kuliner Kota Solo.

So, yuk ladies ikutan lomba lari ini untuk saling menginspirasi dan mendukung perempuan Indonesia lainnya. Caranya, daftar melalui situs resmi womens10k!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI