5 Artis yang Sudah Nyoblos di Luar Negeri, Termasuk Cinta Laura

Proses Pemilu 2024 di luar negeri dilaksanakan dilaksanakan lebih dulu atau early voting dibandingkan dengan pelaksanaan Pemilu 2024 di dalam negeri.

By: Risna Halidi icon Selasa, 13 Februari 2024 icon 15:40 WIB
5 Artis yang Sudah Nyoblos di Luar Negeri, Termasuk Cinta Laura

Cinta Laura Nyoblos di TPS New York, Amerika Serikat. (Instagram)

Pemilu serentak 2024 baru akan dilaksanakan di seluruh daerah Indonesia pada Rabu, 14 Februari 2024, besok. Namun Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri, sudah memakai hak suara mereka dalam pemilu 2024 pada Sabtu (10/2) lalu.

Pemungutan suara itu dilakukan di kota-kota yang sudah diumumkan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di setiap negara.

Berdasarkan Peraturan KPU, WNI di luar negeri hanya bisa memberikan suara untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta anggota DPR dapil Jakarta II. Itu karena WNI di bawah naungan Kementerian Luar Negeri yang kantornya berada di kawasan Jakarta Pusat atau masuk wilayah Dapil II Jakarta.

Baca Juga: Tata Cara Nyoblos Pemilu 2024, Datang ke TPS Harus Bawa Apa Saja?

Proses Pemilu 2024 di luar negeri dilaksanakan dilaksanakan lebih dulu atau early voting dibandingkan dengan pelaksanaan Pemilu 2024 di dalam negeri. Meski begitu, proses penghitungan dan rekapitulasi suara akan tetap dilakukan bersamaan dengan di dalam negeri.

Pada pemilu tahun ini, beberapa artis ada yang sudah memakai hak suara mereka dengan mencoblos lebih dulu di negara tempat mereka menetap atau singgah.

Berikut rangkuman mengenai lima artis yang sudah nyoblos di luar negeri!

Baca Juga: Cara Mengecek Lokasi TPS Pemilu 2024, Nyoblos di Mana?

1. Ivan Gunawan

Ivan Gunawan memamerkan jari kelingkingnya yang sudah dicelup tinta ungu pada postingan di Instagram. Potret itu menjadi tanda kalau dia sudah mencoblos. Ivan Gunawan mengungkapkan kalau dirinya mencoblos di Paris, Perancis. Desainer kondang itu terpaksa ikut pemilu di luar negeri karena sedang dalam perjalanan bisnis.

2. Acha Septriasa

Acha Septriasa pose di depan ruangan tempat pemungutan suara (TPS) di Australia, tempat tinggalnya kini. Acha memang telah lebih dari 7 tahun tinggal di Australia sejak menikah pada 2016 lalu. Bersama suami dan anak semata wayangnya, Acha datang ke TPS untuk ikut mencoblos.

3. Rachel Amanda

Rachel Amanda nyoblos di Amsterdam, Belanda. (Instagram)
Rachel Amanda nyoblos di Amsterdam, Belanda. (Instagram)

Rachel Amanda kini tengah melanjutkan kuliah S2 di Amsterdam, Belanda. Dia pun melakukan pencoblosan di negara tersebut. Pada postingan di Instagram story, Rachel menunjukan jari kelingkingnya yang berwarna tinta ungu.

4. Acha Sinaga

Acha Sinaga juga kini menetap di Australia. Dia dan suami ikut pemilu 2024 di negara tersebut. Saat datang ke TPS, Acha dan suami membawa serta kedua anak mereka yang masih balita. Saat ditanya warganet mengenai capres dan cawapres pilihan, Acha enggan menjawab.

5. Cinta Laura

Cinta Laura juga rupanya mencoblos di luar negeri. Pada postingannya di Instagram, artis blasteran Jerman - Indonesia itu membagikan potret dirinya sedang mencoblos di New York, Amerika Serikat. Cinta Laura juga menunjukan dirinya saat berada di kotak suara TPS hingga jarinya yang sudah dicelup tinta ungu.

Baca Juga: 5 Seleb Ini Nyoblos Duluan di Luar Negeri, Salah Satunya Ivan Gunawan

(Lilis Varwati)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI