CEO Perfect Corp. Alice Chang Hadirkan Teknologi AI di Industri Kecantikan & Fashion

Apa yang membuat teknologi AI di industri kecantikan dan fashion begitu menarik?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 19 Februari 2024 icon 17:10 WIB
CEO Perfect Corp. Alice Chang Hadirkan Teknologi AI di Industri Kecantikan & Fashion

Founder dan CEO Perfect Corp., Alice Chang. (Dok.Pribadi)

Perkembangan tren kecantikan di era digital semakin beragam, salah satunya beauty berbasis artificial intelligence (AI) dan augmented reality (AR).

Hadirnya teknologi artificial intelligence (AI) dan augmented reality (AR) di industri kecantikan dan fashion tentu saja menarik perhatian publik, utamanya kaum perempuan. Lantas, apa yang membuatnya begitu Istimewa?

Simak penuturan Founder dan CEO Perfect Corp., Alice Chang,  pebisnis inspiratif yang menghadirkan teknologi AI dalam industri kecantikan dan fashion, kepada Dewiku.com, baru-baru ini.

Baca Juga: Olla Ramlan Alami Dematitis Perioral, Penyakit Apa Itu?

CEO dan founder Perfect Corp., Alice Chang. (Dok.Pribadi)
Founder dan CEO Perfect Corp., Alice Chang. (Dok.Pribadi)

1. Apa yang membuat Anda terinspirasi mendirikan Perfect Corp.? Adakah kisah menarik di baliknya?

Sebagai pendiri dan CEO Perfect Corp, inspirasi saya berasal dari hasrat untuk menggabungkan teknologi dan kecantikan.

Menyaksikan potensi transformatif dari AI dan AR, saya membayangkan dunia yang dapat memberdayakan individu untuk mengeksplorasi dan meningkatkan kecantikan mereka dengan cara yang inovatif.

Baca Juga: 3 Tips Merawat Kulit di Rumah, Simak Kata Dokter

Perjalanan ini dimulai dengan keinginan untuk mendefinisikan ulang pengalaman kecantikan dan membuatnya dapat diakses oleh semua orang, yang mengarah pada penciptaan Perfect Corp, dan solusi 'Beautiful AI'-nya.

2. Sebagai pionir dalam penggunaan teknologi AI dan AR pada industri kecantikan dan fashion, apa yang Perfect Corp. tawarkan? Secara umum, apa manfaat layanan Perfect Corp. bagi pengguna?

Perfect Corp. menawarkan rangkaian solusi teknologi Beautiful AI, yang melayani solusi AI Kecantikan, AI Perawatan Kulit, AI Fashion, dan AI Generatif untuk berbagai target industri - yang bertujuan untuk merevolusi cara pengguna berinteraksi dengan brand.

Layanan kami memberikan pengalaman yang dipersonalisasi dan interaktif, memungkinkan pengguna untuk mencoba riasan secara virtual, menilai kebutuhan perawatan kulit, dan menjelajahi tren mode.

Manfaatnya terletak pada kenyamanan, personalisasi, dan pemberdayaan yang diberikan oleh teknologi ini kepada pengguna, sehingga mereka dapat membuat keputusan yang tepat dan mengekspresikan gaya mereka yang unik.

3. Apa itu Skin Type Detection berbasis AI atau beauty AI yang telah diluncurkan Perfect Corp.? Bagaimana cara kerjanya?

Deteksi Jenis Kulit berbasis AI kami adalah alat terobosan yang menganalisis jenis kulit pengguna untuk merekomendasikan solusi perawatan kulit yang dipersonalisasi.

Teknologi canggih kami menggunakan algoritma canggih yang memungkinkan kamera ponsel biasa untuk mengidentifikasi hingga 14 jenis masalah kulit yang berbeda.

Alat ini memberikan informasi terperinci tentang tingkat keparahan dan area yang menjadi perhatian dan bahkan dapat menentukan apakah pengguna memiliki kulit kering, berminyak, atau kombinasi untuk memberikan rekomendasi perawatan kulit yang disesuaikan.

Hal ini memberdayakan pengguna untuk membuat pilihan yang tepat dalam rutinitas perawatan kulit mereka dan mempromosikan pendekatan holistik untuk kecantikan.

Solusi kami sangat dapat diandalkan karena dikembangkan dengan menggunakan lebih dari 70.000 gambar kelas profesional. Jumlah ini melebihi jumlah total gambar yang diperlukan untuk membangun algoritma analisis kulit yang dapat diandalkan secara ilmiah hampir dua kali lipat.

Selain memiliki data pelatihan yang kaya, solusi kami juga telah divalidasi sepenuhnya oleh para ahli kulit, dengan beberapa hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal medis.

4. Bagaimana dampak teknologi virtual try-on terhadap penjualan produk? Apakah pihak brand dan pelanggan bisa sama-sama diuntungkan?

Teknologi uji coba virtual secara signifikan mempengaruhi penjualan produk dengan menyediakan cara yang bebas risiko.

Pihak mereka mendapatkan keuntungan dari peningkatan tingkat konversi hingga 320% karena pelanggan semakin yakin dengan keputusan pembelian mereka.

Selain itu, pelanggan menikmati pengalaman berbelanja yang lebih personal dan menyenangkan, sehingga menumbuhkan loyalitas dan kepuasan terhadap merek, dengan salah satu merek melaporkan bahwa hingga 89% pengguna yang mencoba pengalaman analisis kulit mereka kembali rata-rata 3 kali per bulan.

5. Bagaimana dampak AI pada industri kecantikan? Sejauh ini, fitur atau layanan apa yang paling dibutuhkan pengguna?

AI telah merevolusi industri kecantikan dengan memberikan pengalaman yang dipersonalisasi, interaktif, dan disesuaikan secara unik. Pengguna secara konsisten mencari fitur percobaan virtual, rekomendasi produk yang dipersonalisasi, dan analisis kulit secara real-time.

Kemampuan AI untuk memahami dan beradaptasi dengan fitur dan preferensi individu memposisikannya sebagai landasan dalam membentuk masa depan kecantikan, memenuhi kebutuhan dan ekspektasi pengguna yang terus berkembang.

6. Apakah Anda juga memanfaatkan sendiri beauty AI yang dirilis Perfect Corp.? Paling sering untuk keperluan apa?

Tentu saja, saya percaya pada kekuatan teknologi kami. Saya secara teratur menggunakan AI kecantikan Perfect Corp. untuk mencoba secara virtual untuk bereksperimen dengan tampilan makeup yang berbeda dari merek favorit saya.

Hal ini memungkinkan saya untuk merasakan secara langsung inovasi yang kami hadirkan kepada pengguna dan terus menyempurnakan penawaran kami berdasarkan penggunaan di dunia nyata.

7. Bolehkah minta bocoran terkait program atau layanan baru yang mungkin sedang dipersiapkan Perfect Corp.?

Sayangnya, saya tidak dapat memberikan bocoran atau informasi lebih awal mengenai program atau layanan yang akan datang. Namun, saya dapat meyakinkan Anda bahwa kami terus mengerjakan inovasi-inovasi yang menarik untuk meningkatkan pengalaman kecantikan dan fashion bagi para pengguna kami.

Nantikan pengumumannya, dan kami berharap dapat memberikan kejutan dan kegembiraan bagi komunitas kami dengan apa yang akan datang.

8. Apa harapan Anda untuk perkembangan industri mode dan kecantikan berbasis teknologi AI dan AR di masa depan?

Saya membayangkan masa depan di mana teknologi AI dan AR terus mendemokratisasi kecantikan, memberdayakan individu untuk mengekspresikan diri mereka secara otentik.

Saya berharap teknologi ini mendorong inklusivitas, mendefinisikan ulang standar kecantikan, dan menciptakan komunitas global di mana semua orang merasa dilihat dan dirayakan.

Baca Juga: Apa Itu Sustainable Beauty? Begini Cara Menerapkannya untuk Pemula

Pada akhirnya, aspirasi saya adalah agar Perfect Corp. menjadi yang terdepan dalam perubahan positif dalam industri kecantikan dan mode, membuat kecantikan dapat diakses dan dinikmati oleh semua orang.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI