Revolusi Properti, Aplikasi Seluler Ini Dukung Bisnis Perhotelan

Aplikasi seluler SiteMinder kini tersedia di Indonesia, membuka jalan bagi era baru manajemen pendapatan yang dinamis

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 10 Maret 2024 icon 14:30 WIB
Revolusi Properti, Aplikasi Seluler Ini Dukung Bisnis Perhotelan

Aplikasi seluler SiteMinder kini tersedia di Indonesia. (Dok.Istimewa)

SiteMinder merilis platform industri terkemuka yang tersedia untuk digunakan di ponsel pada Kamis (7/3/2024) kemarin. Aplikasi ini memungkinkan para penyedia akomodasi untuk menjalankan strategi manajemen pendapatan properti mereka dan mengurangi risiko real-time dari mana saja.

Aplikasi seluler menandai fase pertama dari smart platform SiteMinder, yang akan diluncurkan akhir tahun ini, dan menjadi tonggak penting dalam misi SiteMinder untuk menjadikan manajemen pendapatan yang canggih dapat diakses oleh setiap hotel di dunia.

Aplikasi seluler SiteMinder sebelumnya telah menyaksikan ada lebih dari 800 pengguna di lebih dari 60 negara mendaftar versi Beta meski tanpa pemasaran atau promosi. Aplikasi ini dirilis dalam delapan bahasa, termasuk bahasa Indonesia.

Baca Juga: Promosi di TikTok Bikin Laris Manis, UMKM Batik Ini Mendadak Dapat Ribuan Pesanan

Penyedia akomodasi lokal dapat memperkirakan kinerja pendapatan dan mengambil tindakan yang diperlukan menggunakan 14-day overview yang dipersonalisasi tentang kamar yang terjual, pendapatan yang diperoleh, dan saluran distribusi berkinerja terbaik. Pengguna dapat mengelola pendapatan secara efisien dengan melakukan penyesuaian pada tarif, ketersediaan, dan durasi menginap di dalam aplikasi untuk menanggapi permintaan pemesanan secara real-time.

Chief Product Officer dari SiteMinder, Leah Rankin mengatakan, aplikasi seluler SiteMinder adalah respons terhadap ribuan pelaku bisnis perhotelan yang selama bertahun-tahun telah mengakses platform perusahaan untuk desktop dari perangkat seluler mereka. Platform seluler SiteMinder membantu mereka dan semua penyedia akomodasi senantiasa memiliki kemampuan untuk memaksimalkan kinerja pendapatan properti dan mengambil tindakan cepat untuk menghindari risiko.

"Kita hidup di era bepergian dan berlibur yang baru; yang membawa serta pola dan perilaku pemesanan baru. Belum pernah sebelumnya manajemen hotel harus begitu dinamis dalam menanggapi lanskap pemesanan yang tidak dapat diprediksi. Speed-to-market sekarang dapat berarti perbedaan antara ribuan pendapatan yang diperoleh atau pendapatan yang hilang. Itulah sebabnya hari ini, kekuatan SiteMinder, bagi lebih dari 41.000 hotel di tahun lalu menghasilkan lebih dari US$ 45 miliar pendapatan dari lebih dari 115 juta pemesanan, secara resmi berada di tangan pelanggan kami," papar Lea Rankin.

Baca Juga: Laporan SiteMinder: Wisatawan Mancanegara Semakin Betah di Indonesia

"Tanpa pemasaran atau promosi apa pun, kami melihat volume pendaftaran awal yang signifikan di aplikasi seluler kami, yang menunjukkan kebutuhan dan permintaan nyata akan pengalaman yang dioptimalkan untuk seluler. Ini adalah pengalaman di mana pelaku bisnis perhotelan dapat menjalankan manajemen pendapatan end-to-end dan strategi pemasaran mereka dengan cepat, saat bepergian. Ini juga menjadi tempat di mana data tepercaya memastikan mereka tidak melewatkan peluang pendapatan yang sangat sensitif terhadap waktu, seperti acara publik yang mendorong demand atau perubahan harga pesaing, dan di mana kesalahan dapat diperbaiki dalam hitungan detik, sebelum kerusakan moneter atau reputasi terjadi. Ini adalah kemampuan yang secara tradisional terasa terlalu kompleks dan berskala besar untuk dijalankan, bahkan di desktop. Tapi ini adalah era baru manajemen pendapatan yang dinamis, dan mobilitas adalah intinya," jelas Rankin.

Market Vice President for the Asia Pacific dari SiteMinder, Bradley Haines, menambahkan bahwa pelaku bisnis perhotelan di Indonesia akan mendapatkan keuntungan dari kemampuan aplikasi seluler di tengah pertumbuhan perjalanan internasional di negara ini.

"Ketersediaan aplikasi seluler dalam Bahasa Indonesia menggarisbawahi misi kami untuk membuat manajemen pendapatan menjadi hiperlokal dan dapat diakses oleh setiap hotel di dunia," jelas Haines.

"Pelanggan kami sekarang memiliki kekuatan untuk bertindak lebih cepat dari sebelumnya dan membuat keputusan penting kapan saja, di mana saja untuk meningkatkan laba mereka. Ini akan sangat penting di tahun mendatang karena lonjakan perjalanan internasional dan pelaku bisnis perhotelan berusaha untuk mengimbangi perubahan permintaan pasar," imbuhnya.

Platform SiteMinder telah menyediakan ribuan pelanggan dengan teknologi yang memungkinkan mereka untuk tumbuh dan mengoptimalkan bisnis mereka. 

Sementara itu, Viki Edy Priyatna, E-Business and Reservations Manager Qunci Villas di Lombok mengungkapkan, pendapatan meningkat sebesar 30% berkat dukungan SiteMinder.

Baca Juga: Liburan ke Vietnam, Jessica Jane Bocorkan Harga Sewa Kamar Hotel Mewahnya

"SiteMinder membantu kami mewujudkan 'revolusi' untuk properti kami. Ini memungkinkan kami untuk dengan mudah menerapkan sistem penetapan harga dinamis, sedangkan sebelumnya, kami cenderung menggunakan penetapan harga musiman statis," ujar Viki Edy Priyatna.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI