Program Beasiswa Ini Semakin Diminati, Jumlah Pendaftar Terus Meningkat

Pendaftar terus meningkat, bukti IISMA menyita perhatian

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 17 Maret 2024 icon 09:03 WIB
Program Beasiswa Ini Semakin Diminati, Jumlah Pendaftar Terus Meningkat

Perempuan belajar giat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. (Unsplash/sean Kong)

Program beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) terus menunjukkan popularitasnya dengan lonjakan peserta yang signifikan. Hal itu tercerminkan dari tingginya antusiasme di kalangan mahasiswa, perguruan tinggi dalam negeri dan orang tua terhadap program prestisius ini.

Program IISMA adalah hasil kerja sama antara Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) serta Kementerian Keuangan.

Dibuka pada tahun 2021, sebanyak 2.551 mahasiswa dengan semangat tinggi mendaftar untuk bergabung dalam program IISMA. Menuju tahun 2022, program ini terus berkembang dengan penambahan jalur program vokasi. Jumlah pendaftar pun meningkat tiga kali lipat, di mana sebanyak 7.522 mahasiswa mendaftar untuk jalur sarjana dan 3.506 mahasiswa bergabung dalam jalur vokasi.

Baca Juga: 8 Arti Mimpi Dapat Beasiswa, Pertanda Adanya Peluang Emas

Ilustrasi belajar online.(Unsplash/@mayamaceka)
Ilustrasi belajar online.(Unsplash/@mayamaceka)

Melangkah ke tahun 2023, antusiasme tetap tinggi dengan 7.714 mahasiswa mendaftar untuk jalur sarjana dan 1.456 mahasiswa bergabung dalam jalur vokasi. Puncaknya, pada 2024 ini, jumlah pendaftar mengalami peningkatan fantastis yaitu sejumlah 15.211 yang terdiri dari 12.268 mahasiswa pendaftar untuk jalur sarjana dan 2.943 mahasiswa pendaftar untuk jalur vokasi.

Peningkatan yang pesat ini menegaskan daya tarik dan relevansi program IISMA yang terus memberikan peluang pendidikan berkualitas untuk mahasiswa sarjana maupun vokasi.

"Dari program IISMA 2023 batch Juni, jumlah mahasiswa yang mengikuti IISMA mencapai ribuan orang. Para awardee IISMA tersebar di 14 negara dengan total host university sebanyak 29 perguruan tinggi. Untuk program IISMA angkatan selanjutnya, host university juga siap memberikan fasilitas akomodasi yang lebih baik dan meningkatkan kuota mahasiswa," ucap Direktur Akademisi Pendidikan Tinggi Vokasi, Beny Bandanadjaja, di acara kepulangan dan serah terima awardees IISMA 2023 akhir Februari lalu, dikutip dari siaran pers yang diterima Dewiku.com.

Baca Juga: 2 Mahasiswa Indonesia Pemenang AYDA Awards 2024 Bakal Ikuti Kompetisi Internasional di India

Pencapaian ini tak hanya mencerminkan prestasi program IISMA dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman lintas budaya mahasiswa, tetapi juga mengindikasikan kepercayaan serta daya tarik yang terus berkembang di kalangan mahasiswa Indonesia.

Dengan menyajikan kesempatan unik bagi mahasiswa untuk menggali ilmu pengetahuan dan teknologi terkini di perguruan tinggi dan industri terkemuka, IISMA bukan hanya menjadi penyedia pengetahuan, melainkan juga pendorong utama dalam perkembangan keterampilan dan pemahaman yang sangat diperlukan dalam era global saat ini.

Sementara itu, Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Sri Suning Kusumawardani, berharap awardees tidak hanya belajar secara akademik. Mereka juga diharapkan belajar di luar kelas sehingga membuka sudut pandang tentang dunia yang beragam, baik budaya dan nilai-nilai.

Baca Juga: Info Beasiswa Khusus Perempuan: Amartha STEAM Fellowship, Begini Cara Daftarnya

"Ini tidak hanya pengalaman yang akan memperkaya kalian, tetapi juga memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa kita," kata Sri.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI