Financial Planner Dorong Investasi Emas, Ini Alasannya

Apalah investasi emas logam mulia ramah pemula?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 22 April 2024 icon 13:15 WIB
Financial Planner Dorong Investasi Emas, Ini Alasannya

Ilustrasi emas batangan (Pixabay/Steve Bidmead)

Kenaikan nilai tukar dolar terhadap rupiah berdampak pada berbagai sektor. Begitu pula perang global di kawasan Timur Tengah yang membuat mata uang menjadi tidak stabil. Namun, mengapa harga emas logam mulia malah naik?

Harga emas berdasarkan lansiran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) melejit hingga menuju tertingginya di Rp1.335.000 per gram. Bukan hanya itu, harga buyback emas juga ikutan meningkat Rp 1.230.000 per gram.

Kondisi ini rupanya membuat para pelaku investasi emas menjadi senang sekaligus ragu. Apakah investasi emas saat ini masih aman dilakukan?

Baca Juga: Dijuluki Ratu Emas, Mira Hayati Pernah Beli Mobil Ferrari Rp3 Miliar Dibayar Tunai

Financial Planner sekaligus founder Cerdas Keuangan, Erlina Juwita mengungkapkan bahwa investasi emas logam mulia aman dilakukan. Menurutnya, investasi logam mulia bisa menjadi sarana untuk melindungi dari adanya perubahan harga di masa depan.

"Investasi emas logam mulia ini tergolong aman. Karena instrumen investasi logam mulia ini dapat dijadikan sebagai sarana lindung nilai (hedging) ketika instrumen keuangan lain sedang terkoreksi dengan kondisi politik dan perekonomian global," papar Erlina, sebagaimana dilansir dari Suara.com.

Saat kondisi ekonomi dunia tak stabil karena berbagai faktor, logam mulia emas justru menjadi cara investasi yang aman. Hanya saja, harus difokuskan pada emas logam mulia, bukan perhiasan.

Baca Juga: Viral Mira Hayati Pakai Hijab Emas, Begini Penampakannya

"Logam mulia emas sering dinilai sebagai instrumen yang lebih aman dan diburu ketika kondisi dunia sedang bertambah suram, terutama emas logam mulia, bukan emas perhiasan. Emas perhiasan memiliki biaya administrasi yang tinggi serta memiliki selisih harga jual-beli spread yang cukup lebar," terangnya.

Erlina lalu menyarankan, jika belum memiliki emas sebagai investasi, bisa mulai membeli. Pasalnya, investasi ini cukup aman dimiliki dengan kondisi tidak stabilnya konflik global.

Baca Juga: THR Bisa Jadi Investasi Properti? Simak Tips di Bawah Ini

"Buat masyarakat yang belum memiliki emas sebagai salah satu portofolio investasinya, dapat mempertimbangkan untuk memilikinya," tandas dia.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI