Cerahkan Lutut dan Siku Kamu dengan 5 Bahan Alami Ini

Langsung dicoba yuk!

By: Tinwarotul Fatonah icon Senin, 25 Juni 2018 icon 09:12 WIB
Cerahkan Lutut dan Siku Kamu dengan 5 Bahan Alami Ini

Ilustrasi tubuh bagian lutut / pixabay.com

Kulit pada siku dan lutut yang terlihat lebih gelap dan hitam terkadang menjadi salah satu masalah yang dianggap mengganggu penampilan. Jadi kurang percaya diri kalau baju dan pakai celana atau rok pendek kan?

Kulit di sekitar siku dan lutut memang lebih tebal dan memiliki lebih banyak lipatan dibanding bagian lain. Area ini juga tidak memiliki kelenjar minyak sehingga cenderung lebih kering.

Tapi bukan berarti masalah ini tidak tidak bisa diatasi kok. Ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mencerahkan lutut dan siku secara bertahap. Apa saja ya?

1. Lidah buaya

Ilustrasi lidah buaya / pixabay.com www.pixabay.com

Potong daun lidah buaya lalu oleskan gel di dalamnya pada lutut dan siku. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air hangat. Coba lakukan perawatan ini sebanyak dua kali sehari.

Lidah buaya tidak hanya membuat warna kulit pada lutut dan siku menjadi lebih cerah, tetapi juga memberikan perlindungan dari sinar UV.

2. Sari cuka apel

cuka apel/pinterest.com Pinterest

Komponen asam asetat dari cuka apel bekerja sebagai bahan pemutih dan pencerah alami. Caranya, cukup rendam kapas ke dalam air yang sudah dicampur dengan beberapa sendok cuka apel.

Aplikasikan kapas tersebut ke bagian siku dan lutut lalu dibilas setelah 15 menit. Lakukan sebanyak 3-4 kali dalam seminggu.

3. Batu apung

Ilustrasi batu apung / pixabay.comwww.pixabay.com

Batu apung berfungsi membantu menghilangkan sel-sel kulit mati yang gelap. Mandilah dengan air hangat sambil menggosok lutut dan siku menggunakan batu apung dengan gerakan melingkar.

Langkah ini bisa kamu lakukan 2-3 kali seminggu. Jangan lupa gunakan pelembap setelahnya agar kulitmu jadi lebih halus.

4. Minyak zaitun

Minyak zaitun/pinterest.comPinterest

Campurkan dua sendok makan minyak zaitun dengan dua sendok makan gula lalu aduk hingga merata. Oleskan pada bagian lutut dan siku yang gelap, gosok dengan gerakan memutar selama kira-kira 5 menit.

5. Mentimun

Ilustrasi potongan mentimun / pixabay.com www.pixabay.com

Mentimun atau timun juga memiliki sifat pemutih alami sehingga bisa dimanfaatkan untuk mencerahkan siku dan lutut yang gelap. Timun pun membantu menghilangkan kotoran pada lapisan kulit luar serta mampu menjaga kelembapan kulit.

Caranya? Gosokkan irisan timun ke bagian siku dan lutut selama 10 menit. Diamkan sebentar hingga kira-kira 5 menit, lalu bilas dengan air dingin. Khusus tips ini, kamu bisa melakukannya setiap hari.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI