Sebelum Memutuskan, Ini Tips Memilih Concealer yang Tepat

Jangan sampai salah langkah dalam memilih concealer ya.

By: Agung Pratnyawan icon Jumat, 29 Maret 2019 icon 12:00 WIB
Sebelum Memutuskan, Ini Tips Memilih Concealer yang Tepat

Perempuan menggunakan makeup. (Unsplash/Roberto Delgado Webb)

Mendapatkan tampilan makeup wajah yang flawless, salah satu kuncinya adalah pemilihan concealer yang tepat. Nah, sebelum memutuskan ada beberapa tips memilih concealer yang benar.

Sebenarnya seperti apa sih memilih concealer yang tepat itu? Concealer yang mampu menutupi warna kulit tidak merata, mencerahkan area gelap, menyamarkan flek hitam atau jerawat.

Selain itu juga bisa menyatu dengan foundation untuk menghasilkan warna kulit yang merata dan flawless. Jika concealer yang kamu pakai kurang tepat, bisa-bisa jerawat yang kamu tutupi malah semakin terlihat jelas dan terdapat white cast pada area di bawah mata.

Supaya hal tersebut tidak terjadi, kuncinya adalah dengan memilih concealer yang tepat, sesuai dengan kebutuhan, dan sesuai dengan jenis kulitmu. Kira-kira apa saja tips memilih concealer yang tepat?

1. Tentukan tujuan

Ilustrasi makeup eyeshadow. (Unsplash/Freestocks)
Ilustrasi makeup. (Unsplash/Freestocks)

Concealer mempunyai dua tujuan, yaitu mencerahkan dan menyamarkan atau mengoreksi. Jika ingin mengetahui concealer mana yang tepat, pertama-tama harus menentukan dulu tujuan pemakaiannya.

Kalau mau mencerahkan, kamu membutuhkan concealer dengan warna yang lebih terang, sekitar satu atau dua tingkat di atas warna kulit sekarang.

Sedangkan untuk menyamarkan, kamu memerlukan concealer yang memiliki warna serupa dengan warna kulit dan untuk mengoreksi dibutuhkan concealer dengan warna yang sesuai masalah kulit.

2. Cocokkan warna concealer

Seperti memilih foundation, sesuaikan pemilihan warna concealer dengan undertone kulit kamu. Kamu juga bisa memilih color correcting concealer untuk area kulit yang menjadi masalah.

Misalnya menggunakan concealer oranye untuk mengoreksi warna pada area bahwa mata. Kemudian warna hijau untuk mengoreksi area kulit yang berwarna kemerahan.

3. Tentukan jenis concealer dan masalah kulit

Ilustrasi concealer. (Unsplash/Karly Jones)
Ilustrasi concealer. (Unsplash/Karly Jones)

Terdapat 4 jenis concealer yang bisa kamu pilih, yaitu liquid, cream, stick, dan color correcting. Biasanya liquid baik untuk mencerahkan lingkaran hitam pada area bawah mata, jerawat, maupun noda hitam.

Sedangkan cream cocok untuk mengatasi lingkaran hitam, noda hitam, atau kemerahan pada wajah. Selanjutnya ada stick, lebih cocok digunakan untuk menyamarkan spot bekas jerawat maupun noda dan flek hitam.

Terakhir ada color correcting yang sangat cocok digunakan untuk kamu yang memiliki masalah dengan warna kulit tidak merata, kemerahan, atau lingkaran hitam yang warna kebiruan.

4. Sesuaikan dengan jenis kulit

Salah satu tips memilih concealer yang tepat adalah sesuaikan dengan jenis kulit. Concealer yang cocok untuk kulit kering adalah disarankan memilih yang memiliki hasil akhor dewy atau satin.

Sedangkan kulit berminyak disarankan untuk menghindari cream atau stick concealer yang berpotensi menyebabkan pori-pori tersumbat. Lebih baik gunakan liquid concealer yang memiliki tekstur ringan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI