Inilah 7 Manfaat Glycolic Acid untuk Perawatan Kecantikan, Bikin Glowing dan Awet Muda

Ada beberapa manfaat glycolic acid yang baik untuk perawatan kecantikan kulit.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 05 Juli 2023 icon 16:01 WIB
Inilah 7 Manfaat Glycolic Acid untuk Perawatan Kecantikan, Bikin Glowing dan Awet Muda

Ilustrasi perempuan melakukan perawatan wajah di rumah. (Pexels/EKATERINA BOLOVTSOV)

Glycolid acid terkenal jadi andalan banyak orang untuk perawatan kulit, terutama eksfoliasi dan mencerahkan wajah. Semakin banyak produk kecantikan atau skincare yang menggunakan glycolic acid.

Ingin coba pakai kandungan ini sebagai salah satu cara memutihkan kulit atau mengatasi masalah kulit lainnya? Simak informasi berikut!

Manfaat Glycolic Acid untuk Perawatan Kulit

Baca Juga: Manfaat Kombucha untuk Kecantikan, Efektif Membersihkan dan Menutrisi Kulit Wajah

Ilustrasi perawatan kecantikan dengan masker wajah. (DewiKu.com/Ema Rohimah)
Ilustrasi perawatan kecantikan dengan masker wajah. (DewiKu.com/Ema Rohimah)

Merangkum Medical News Today, berikut beberapa manfaat glycolic acid untuk kesehatan kulit.

1. Mengurangi garis halus

Manfaat glycolic acid salah satunya membantu mengurangi tampilan garis halus dan kerutan. Dengan merangsang produksi kolagen dan meningkatkan peremajaan sel kulit, glycolic acid bakal menyamarkan garis-garis halus dan memberikan kulit tampilan yang lebih muda.

Baca Juga: 5 Bulan Gerakan Sustainable Lifestyle, Terkumpul 3,7 Ton Sampah Kecantikan

2. Eksfoliasi

Glycolic acid dapat mengangkat sel-sel kulit mati pada permukaan kulit sehingga meningkatkan tekstur kulit, tone, dan kecerahan kulit secara keseluruhan.

3. Mencerahkan kulit

Efektif mengangkat lapisan kulit mati, glycolic acid dikenal bermanfaat membantu mencerahkan kulit. Saat kulit tampak lebih cerah, artinya noda hitam dapat berkurang, begitu juga dengan hiperpigmentasi dan bekas jerawat. Dengan demikian, kulit terlihat lebih merata dan cerah.

4. Produksi kolagen

Glycolic acid berperan penting merangsang produksi kolagen dalam kulit. Kolagen sendiri merupakan protein yang menjaga struktur dan elastisitas kulit.

Dengan meningkatkan sintesis kolagen, secara tidak langsung glycolic acid akan membantu meningkatkan kekencangan kulit dan mengurangi tampilan kulit kendur tanda penuaan.

 5. Mengatasi jerawat

Manfaat glycolic acid selanjutnya adalah mengatasi jerawat sekaligus mencegah timbulnya jerawat baru. Alycolic acid dapat menembus kulit untuk membersihkan pori-pori, menghilangkan kelebihan minyak, dan mengurangi penumpukan sel-sel kulit mati yang kerap jadi penyebab jerawat.

6. Penyerapan produk

Sifat eksfoliatif pada glycolic acid juga membantu meningkatkan penyerapan produk perawatan kulit lainnya. Dengan mengangkat lapisan sel kulit mati, glycolic acid memungkinkan serum, pelembap, dan perawatan lainnya terserap lebih optimal sehingga meningkatkan efektivitasnya.

7. Ratakan tekstur kulit

Punya kulit wajah terasa kasar dan pori-pori tampak besar? Menggunakan skincare dengan kandungan glycolic acid dapat menjadi salah satu solusinya.

Baca Juga: Beauty Entusiast Semakin Sadar Pentingnya Jaminan Keaslian dan Keamanan Produk Kecantikan

Glycolic acid bakal membantu meningkatkan kemampuan kulit untuk regenerasi sehingga tampak lebih halus dan sehat.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI