7 Cara Mencerahkan Bibir Gelap, Bisa Pakai Bahan Alami yang Mudah Dicari

Bagaimana cara mencerahkan bibir gelap? Ada berbagai bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mencerahkan tampilan bibir.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 22 Agustus 2023 icon 15:31 WIB
7 Cara Mencerahkan Bibir Gelap, Bisa Pakai Bahan Alami yang Mudah Dicari

Ilustrasi bibir. (Unsplash/Febri Sym)

Siapa yang tidak mau punya bibir merona dan tampak cerah tanpa lipstik maupun produk kosmetik lainnya? Hanya saja, ada saja kondisi yang malah menyebabkan seseorang memiliki bibir gelap.

Banyak produk perawatan bibir yang diklaim efektif membantu mencerahkan bibir hitam, mulai dari pelembap hingga scrub. Walau demikian, tidak sedikit orang yang lebih suka metode alami dengan menggunakan beragam bahan sederhana.

Bagaimana cara mencerahkan bibir gelap secara alami dan efektif? Melansir Times of India, berikut beberapa bahan alami yang bisa digunakan.

Baca Juga: 5 Keunggulan Menggunakan Lip Tint yang Wajib Kamu Ketahui

1. Lemon

Caranya sangat mudah. Ambil irisan lemon, kemudian gosokkan secara lembut pada bibir sebelum tidur di malam hari. Bersihkan bibir ketika terbangun di pagi hari.

Madu dan lemon. (Pixabay/ExplorerBob)
Madu dan lemon. (Pixabay/ExplorerBob)

2. Lemon dan madu

Baca Juga: Potensinya Besar, Pangsa Pasar Industri Kecantikan di Indonesia Diprediksi Terus Meningkat

Campurkan beberapa tetes air lemon dengan satu sendok makan madu. Setelahnya, aplikasikan pada bibir sembari dipijat lembut. Biarkan selama kira-kira sejam, lalu bersihkan bibir Anda.

3. Susu dan kunyit

Campurkan masing-masing satu sendok makan bubuk kunyit dan susu hingga teksturnya menjadi pasta. Aplikasikan pada bibir sambil pijat lembut selama beberapa saat, kemudian bersihkan bibir Anda.

4. Air mawar

Bahan alami yang bisa digunakan adalah air mawar. Jangan ragu mengandalkan air mawar untuk mengatasi hiperpigmentasi pada kulit.

Caranya pun mudah. Cukup tuangkan air mawar secukupnya pada kapas, kemudian gunakan untuk membersihkan bibir Anda setiap hari.

5. Lidah buaya

Lidah buaya bisa Anda jadikan masker bibir. Aplikasikan gel lidah buaya pada bibir secara rutin untuk mencerahkan bibir gelap.

6. Minyak kelapa

Kulit yang tampak lebih gelap dan kusam bisa jadi merupakan efek masalah kulit kering, begitu pula yang terjadi pada bibir. Salah satu solusi yang bisa dipilih adalah mengoleskan minyak kelapa secara rutin untuk melembapkan bibir.

7. Mentimun

Tahukah Anda? Jus mentimun juga bisa membantu mencerahkan bibir gelap jika dipakai secara rutin setiap hari. Demi hasil terbaik, campurkan dengan gel lidah buaya.

Baca Juga: Wardah Gelar Beauty Moves Youth Fest, Ajak Anak Muda Jadi Penggerak Lingkungan

Itulah beberapa cara mencerahkan bibir gelap dengan menggunakan bahan alami. Sudah pernah coba yang mana?

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI